Mengenal Universitas Diponegoro: Sejarah dan Prodi Unggulannya

Author:

Apa kamu sedang bingung mencari perguruan tinggi? Mau kuliah ke sana, tapi teman banyak yang ke universitas ini? Daripada kamu bingung terus, lebih baik kenali dulu satu persatu universitas pilihanmu. Sementara di bawah ini, kami akan mengajakmu untuk mengenal Universitas Diponegoro.

Tahun ini, Universitas Diponegoro kembali berhasil menjadi salah satu perguruan tertinggi terbaik di Indonesia, lho. Menurut The World University Rangkings 2022, universitas ini berhasil menduduki peringkat 1.200+. Hal tersebut membuatnya menempati urutan ketujuh sebagai universitas terbaik di Indonesia.

Nah, bila kamu kini penasaran dengan universitas yang satu ini. Yuk, simak penjelasan tentang Universitas Diponegoro agar kamu semakin mengenalnya!

Mengulik Sejarah Universitas Diponegoro

Pada zaman setelah kemerdekaan, tepatnya tahun 1950. Di Jawa Tengah, banyak sekali murid SMA yang ingin meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, saat itu universitas yang paling dekat hanyalah Universitas Gajah Mada.

Itu tentu menjadi hal yang kurang baik. Peminat kuliah banyak, tapi daya tampung universitasnya kurang. Sehingga pada 4 Desember 1956 dibentuklah sebuah yayasan yang akan menjadi cikal bakal Universitas Diponegoro.

Lalu setahun kemudian, tepatnya sih dibilang sebulan kemudian yakni tanggal 9 Januari 1957. Universitas Semarang secara resmi dibuka dengan rektor pertamanya ialah Mr. Imam Bardjo.

Lantas bagaimana bisa berganti nama menjadi Universitas Diponegoro? Hal ini terjadi saat usia Universitas Semarang menginjak 3 tahun. Pada tahun 1960, sebagai bentuk penghormatan atas kerja keras dalam membangun pendidikan di Jawa Tengah. Presiden Soekarno lantas menggantinya menjadi Universitas Diponegoro.

Universitas ini juga telah ditetapkan sebagai PTN, lho, pada tahun 1961. Juga sebagai BLU (Badan Layanan Umum) pada tahun 2008. Selain itu, UNDIP juga masuk ke dalam jajaran Perguruan Tinggi Negeri-Berbadan Hukum (PTN-BH).

Baca Juga: Mengenal Universitas Indonesia, Kampus Impian Siapa, Nih?

Profil Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro dibangun dengan alasan untuk meratakan pendidikan yang ada di sekitar Jawa Tengah. Sampai hari ini, universitas ini telah tumbuh menjadi salah satu PTN terbaik. Bahkan banyak sekali prestasi yang telah ditorehkan oleh universitas yang satu ini.

Supaya kamu lebih mengenal dengan Universitas Diponegoro. Yuk simak, profil universitas yang juga merasa terinspirasi oleh semangat juang Pangeran Diponegoro ini!

Lambang Universitas Diponegoro

Lambang atau simbol menjadi sebuah kebanggaan yang bernilai sakral. Universitas Diponegoro sendiri memiliki lambang dengan arti yang mendalam. Berikut ini bentuk dari lambang dan artinya menurut UNDIP.

  1. Bentuk dasar segi lima dengan lengku yang melambangkan 5 dasar pancasila.
  2. Kuncup bunga melati bermakna ilmu pendidikan yang tinggi.
  3. Daun 15 helai melambangkan tanggal lahirnya Universitas Diponegoro.
  4. Sedangkan 10 kelopak bunga perlambang dari bulan lahirnya universitas yakni Oktober.
  5. Siluet Pangeran Diponegoro dengan warna emas mempresentasikan jiwa dan semangat kepahlawanan beliau yang agung.
  6. Keris menyimbolkan ketajaman dan ketepatan analisis ilmu serta kemandirian.
  7. 8 Pancaran sinar, kalau ini bermakna bila ilmu dari UNDIP bisa mencerahkan masyarakat.
  8. Kubah atau kupel yang ada di lambang ini memberikan makna bila mahasiswa dan dosen di UNDIP religius pada agama yang dipeluknya.

Mengenal Visi dan Misi Universitas Diponegoro

Setiap lembaga itu mempunyai visi dan misi yang bisa menjadi acuan ke mana, nih, tujuan dari universitas ini. Nah, berikut ini visi dan misi dari Universitas Diponegoro.

Visi

“Universitas Diponegoro Menjadi Universitas Riset yang Unggul”

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan unggul dan kompetitif.

2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan publikasi dalam bentuk kebijakan maupun teknologi.

3. Mengabdikan ilmu kepada masyarakat dengan mengedepankan budaya dan sumber daya lokal.

4. Mengembangkan profesionalitas, kapabilitas, dan akuntabilitas dalam tata kelola universitas yang baik dan mandiri

Lokasi Universitas Diponegoro

Terletak di Semarang, Jawa Tengah, luas kampus Universitas Diponegoro kurang-lebih sekitar 200 hektare. Meskipun begitu, kampus-kampus perguruan tinggi ini tersebar ke dalam 8 lokasi berbeda.

Pertama, adalah Kampus Pleburan Semarang. Ini merupakan salah satu kampus utama dari Universitas Diponegoro dan digunakan untuk program pasca sarjana.

Kedua, yakni Kampus Tembalang Semarang. Ini adalah kampus utamanya dan telah dibangun sejak 1980-an. Kampus Tembalang menjadi pusat program studi S1.

Selanjutnya ada kampus yang berada di Jalan Dr. Soetomo dan Gunung Brintik, Semarang. Kampus ini digunakan oleh Fakultas Kedokteran. Sementara kampus yang ada di Jalan Kaliasari Semarang digunakan sebagai Lab. Fakultas Teknik.

Kelima, kampus yang beralamat di Jalan Ade Irma Suryani Jepara yang digunakan untuk laboratorium dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Di daerah Mlogo Jepara juga ada Kampus UNDIP, lho. Kampus tersebut digunakan oleh Fakultas Kedokteran.

Masih di daerah Jepara, ada Kampus Teluk Awur. Digunakan oleh Fakultas Ilmu Kelautan sebagai laboratorium, ruang kuliah, perpustakaan, rumah dinas dan asrama, serta ruang fasilitas menyelam. Terakhir adalah Perumahan Dinas Kagok di Semarang.

Ternyata banyak ya, kampus UNDIP. Sepertinya gak mau kalah sama barisan mantan-mantanmu, nih.

Fasilitas Kampus Universitas Diponegoro

Bila kamu adalah tipe orang yang gak mau ribet, tak ada salahnya untuk memperhatikan fasilitas saat memilih kampus. Karena fasilitas juga sangat penting untuk menunjang kehidupan agar lebih efisien lagi.

Nah, berikut ini adalah fasilitas yang bisa kamu gunakan bila kuliah di Universitas Diponegoro.

  1. Stadion Universitas Diponegoro
  2. Pusat Siswa
  3. Masjid
  4. Rumah Sakit Nasional Diponegoro
  5. Perpustakaan
  6. Rumah Susun (Asrama) Mahasiswa
  7. Hotel UNDIP Inn (fasilitas kamar bintang tiga)
  8. Halte dan Bus UNDIP
  9.  Stadion Indoor Internasional Universitas Diponegoro
  10. Lapangan tenis, basket, dan bulu tangkis
  11. Wi-Fi 24 jam
  12. Sarana ATM dan BANK
  13. Taman Inspirasi

Bila mau tahu fasilitas lainnya, kamu bisa mengunjungi laman Universitas Diponegoro secara langsung.

Baca Juga: Cita-Cita Menjadi Ahli, Statistik? STIS Jawabannya!

Mengenal Fakultas dan Prodi Unggulan Universitas Diponegoro

Kamu mau mengambil jurusan apa, nih? Sebelum memilih ada baiknya kalau kamu memikirkannya secara matang. Satu lagi, jangan memilih karena agar terlihat keren apalagi cuma ikut-ikutan sama teman. Karena kalau salah jurusan kamu mungkin akan menyesal seumur hidup.

Sebagai perguruan tinggi negeri yang telah berdiri sejak orde lama, tentu di universitas ini ada banyak pilihan program studi. Di bawah ini sudah ada daftar fakultas dan program studi Universitas Diponegoro yang dibuat Kahanan.com khusus untuk kamu.

Fakultas Hukum

Ini adalah fakultas yang paling tua di Universitas Diponegoro. Program Sarjana Hukum juga telah mendapatkan akreditasi A dan bertaraf internasional.

Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Kalau fakultas yang satu ini telah berdiri sejak tahun 1960 dengan nama awalnya yaitu Fakultas Ekonomi. Nama itu diganti sejak tahun 2011.

Kini Fakultas Ekonomika dan Bisnis memiliki 4 program studi yakni Sarjana Manajemen, S1 Ilmu Ekonomi, S1 Ekonomi Islam, dan Sarjana Ankuntasi. Selain itu, semua program studi FEB Universitas Diponegoro telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Fakultas Teknik

Dalam mendirikan sebuah fakultas, pasti akan ada cerita menarik dibaliknya. Begitu juga dengan fakultas teknik Universitas Diponegoro pada tahun 1958. Semula itu hanya sebuah ide yang menggumpal dalam pikiran. Namun, setelah dibantu oleh PEMDA akhirnya ide itu terlaksana.

Nah, di bawah ini adalah daftar prodi beserta akreditasinya dari Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

1. Prodi Sarjana Arsitektur terakreditasi A oleh BAN-PT
2. Prodi S-1 Teknik Sipil telah mendapat akreditasi A dari BAN-PT
3. Prodi Sarjana Teknik Elektro mendapat akreditasi ‘unggul’ dari BAN-PT
4. Program Studi Sarjana Teknik Geodesi telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT
5. Program Studi Sarjana Teknik Geologi terakreditasi B oleh BAN-PT
6. Program Studi Sarjana Teknik Industri mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT
7. Prodi S-1 Teknik Kimia telah terakreditasi ‘Unggul’ oleh BAN-PT
8. Prodi S-1 Teknik Komputer mendapat akreditasi B dari BAN-PT
9. Program Studi Teknik Lingkungan telah terakreditasi A dari BAN-PT dan IABEE
10. Prodi Studi S1 Teknik Mesin telah terakreditasi A oleh BAN-PT
11. Prodi Sarjana Teknik Perencanaan Wilayah akreditasi A dari BAN-PT
12. Prodi Sarjana Teknik Perkapalan telah mendapat akreditasi A dari BAN-PT

Fakultas Kedokteran

Selanjutnya adalah fakultas yang telah berdiri sejak tahun 1961. Di dalam fakultas kedokteran ini ada 3 departemen. Berikut ini penjelasannya.

1. Departemen Kedokteran

Di dalam departemen ini ada empat program studi sarjana. Pertama, tentu saja prodi Sarjana Kedokteran. Kedua, yaitu Prodi Sarjana Kedokteran Gigi. Selanjutnya ada program studi Sarjana Farmasi dan Sarjana Ilmu Biomedik.

2. Departemen Ilmu Keperawatan

Selanjutnya di departemen Ilmu Keperawatan. Awalnya departemen ini adalah program D-IV yang kemudian berganti menjadi Sarjana Ilmu Keperawatan di tahun 1999. Program Sarjana Ilmu Keperawatan telah mendapatkan akreditasi A dari LAM-PTKes.

3. Departemen Ilmu Gizi

Ketiga, adalah departemen Ilmu Gizi yang berdiri sejak tahun 2002. Di dalam departemen ini ada Program Studi Sarjana Ilmu Gizi yang sudah terakreditasi A dari BAN-PT.

Fakultas Peternakan dan Pertanian

Fakultas yang satu ini telah berdiri sejak tahun 1964. Di sini ada dua departemen yakni pertanian dan peternakan. Di dalam dua departemen itu ada 4 Prodi Sarjana strata 1.

  1. Program Studi Sarjana Peternakan
  2. Prodi S-1 Teknologi Pangan
  3. Program Studi S-1 Agroekoteknologi
  4. Prodi Sarjana Agribisnis

Fakultas Ilmu Budaya

Fakultas ini telah berdiri sejak 1965. Berikut adalah program studi sarjana strata 1 dari Fakultas Ilmu Budaya.

  1. Program Studi Sarjana Sastra Inggris terakreditasi A dari BAN-PT
  2. Prodi S1 Sastra Indonesia mendapat akreditasi A dari BAN-PT
  3. Program Sarjana Sejarah oleh BAN-PT diberi akreditasi A
  4. Prodi Sarjana Ilmu Perpustakaan telah mendapat akreditasi A dari BAN-PT
  5. Program Studi S1 Bahasa dan Kebudayaan Jepang telah terakreditasi A oleh BAN-PT
  6. Prodi S-1 Antropologi Sosial mendapat akreditasi B dari BAN-PT

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Selanjutnya ada FISIP yang telah bersama dengan UNDIP sejak 1969 dengan tiga prodi. Sementara sekarang Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik memiliki 5 prodi sarjana strata satu. Berikut lima prodi tersebut beserta akreditasinya.

  1. Prodi S1 Ilmu Pemerintahan telah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT
  2. Program Studi S1 Administrasi Publik mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT
  3. Prodi Sarjana Ilmu Komunikasi telah terakreditasi A dari BAN-PT
  4. Program Studi S-1 Administrasi Bisnis sudah mendapat akreditasi A dari BAN-PT
  5. Prodi Sarjana Hubungan Internasional diberi akreditasi B oleh BAN-PT

Fakultas Kesehatan dan Masyarakat

FKM Universitas Diponegoro telah lahir sejak lama. Namun, baru menerima lulusan dari SMA sejak tahun 1987. Saat ini Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat juga telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

Fakultas Sains dan Matematika

Awalnya fakultas ini adalah prodi Matematika. Baru pada 1993 FMIPA menjadi bagian Fakultas di Universitas Diponegoro.

Berikut ini adalah program studi S-1 yang ada di fakultas ini.

  1. Matematika
  2. Biologi
  3. Fisika
  4. Kimia
  5. Statistika
  6. Ilmu Komputer/Informatika
  7. Bioteknologi

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Selanjutnya ada fakultas yang juga sudah lama ada di UNDIP. Berikut beberapa program studi sarjana strata 1 dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

  1. Program Studi Sarjana Akuakultur
  2. Prodi Sarjana Manajemen Sumber Daya Perairan
  3. Program Studi S1 Perikanan Tangkap
  4. Program Studi Ilmu Kelautan
  5. Prodi S1 Oseanografi
  6. Program Studi S-1 Teknologi Hasil Perikanan

Fakultas Psikologi

Fakultas ini telah menerima mahasiswa baru sejak tahun ajaran 1996. Di fakultas ini ada Program Studi Sarjana Psikologi S1 yang telah mendapat akreditasi A dari BAN-PT.

Itulah guys, sejarah, fakultas, dan prodi unggulannya. Nah, apakah kamu sekarang sudah mengenal dengan baik Universitas Diponegoro ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *