Berminat Menjadi Akuntan? Berikut Daftar Perusahaan Akuntan dengan Gaji Tertinggi

Author:

Daftar Perusahaan Akuntan dengan Gaji Tertinggi – Profesi sebagai akuntan sudah tidak asing lagi bagi kamu yang menempuh pendidikan sarjana akuntansi. Mungkin beberapa orang yang berkuliah akuntansi setelah lulus berencana berkarir sebagai akuntan. Bekerja sebagai akuntan merupakan pekerjaan yang sangat menjanjikan karena kamu bisa mendapatkan gaji hingga puluhan juta per bulannya.

Impian seorang akuntan pastinya adalah dapat bekerja di perusahaan akuntan yang terbesar di Indonesia atau sebutannya adalah The Big Four. Pasti pada penasaran kan perusahaan akuntan apa aja yang memberikan gaji gede untuk karyawannya? Untuk mengetahui jawabannya, simaklah informasinya berikut ini.

Informasi Seputar Profesi Akuntan

Sebelum mengetahui mengenai daftar perusahaan akuntan dengan gaji tertinggi maka kita perlu tau juga nih informasi seputar akuntan berikut ini.

Apa itu Akuntan?

Akuntan adalah istilah atau julukan yang diperuntukan untuk seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan sarjana di fakultas ekonomi jurusan akuntansi serta telah selesai menjalani Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Dengan kata lain, akuntan adalah profesi yang sejajar dengan notaris, pengacara dan lain sebagainya.

Untuk menjadi akuntan, dibutuhkan suatu tanggung jawab yang teramat besar. Profesi ini masih sangat dibutuhkan di Indonesia. Profesi akuntan berada dibawah naungan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Organisasi yang didirikan tahun 1956 bertujuan untuk membimbing perkembangan akuntan di Indonesia dan untuk meningkatkan kualitas pekerjaan akuntan di Indonesia.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Akuntan

Apa aja tugas dan tanggung jawab akuntan? Berikut ulasannya:

  1. Melakukan pencatatan segala transaksi masuk dalam perusahaan
  2. Melakukan pemeriksaan dan mengantisipasi adanya risiko kecurangan dalam keuangan
  3. Melakukan pembukuan transaksi serta menyusun transaksi tersebut ke dalam laporan kuangan
  4. Melakukan analisis dan menyusun informasi audit rutin keuangan
  5. Konsultasi riset keuangan
  6. Memberikan pelatihan akuntansi
  7. Melakukan evaluasi laporan serta anggaran perusahaan
  8. Melakukan verifikasi laporan keuangan serta jumlah pajak total yang telah dihitung oleh staf keuangan
  9. Membentuk serta merencanakan pengendalian terhadap indikasi kecurangan pada transaksi.

Keahlian yang Harus Dimiliki Seorang Akuntan

Untuk menjadi seorang akuntan, diperlukan keahlian-keahlian berikut ini:

  1. Ketelitian

Menjadi seorang akuntan sangat membutuhkan ketelitian yang tinggi. Kesalahan sedikit saja bisa berakibat sangat fatal bagi seorang akuntan karena akan mempengaruhi keseluruhan pencatatan. Sebagai contoh, seorang akuntan tidak teliti sehingga melakukan kesalahan input keuangan yang berdampak pada laporan keuangannya. Laporan keuangan tersebut akan diteruskan kepada manajemen perusahaan untuk kemudian dibuat keputusan mengenai strategis bisnis perusahaan. Lalu, strategi tersebut diimplementasikan kepada pihak perusahaan. Tentunya, strategi tersebut menjadi ga tepat karena ga cocok dengan fakta yang sebenarnya terjadi. Akibatnya, bisnis perusahaan menjadi terganggu.

  1. Dapat Berpikir secara Sistematis

Seorang akuntan harus bisa berpikir secara sistematis. Mengapa? Karena berpikir sistematis akan memungkinkan seseorang menyusun serta menghitung skema keuangan dengan teratur dan berurutan. Pola pikir yang sistematis tentunya akan mempermudah seorang akuntan dalam melakukan perhitungan keuangan perusahaan yang tentunya rumit dan melibatkan banyak transaksi.

  1. Memiliki Kemampuan Menghitung

Profesi akuntan sangat erat dengan uang serta angka, oleh sebab itu seorang akuntan diwajibkan dapat menghitung dengan lancar. Seorang akuntan harus terbiasa melakukan perhitungan di luar kepala. Semakin cepat kemampuan berhitung maka semakin cepat juga pekerjaan selesai.

Macam-Macam Profesi Akuntan

Macam-Macam Profesi Akuntan

Ada beragam jenis profesi akuntan, yakni:

  1. Akuntan Perusahaan

Akuntan perusahaan adalah seorang akuntan yang bekerja di suatu perusahaan. Tugas yang biasanya dilaksanakan oleh akuntan perusahaan adalah menyusun laporan akuntansi, menyusun anggaran perusahaan serta mengurus permasalahan pajak.

  1. Akuntan Pemerintah

Akuntan pemerintah adalah profesi akuntan dimana akuntan pemerintah itu bekerja untuk perusahaan milik pemerintah (BUMN). Tugas akuntan pemerintah adalah memeriksa serta mengawasi aliran keuangan negara dan lain sebagainya.

  1. Akuntan Publik

Akuntan publik adalah profesi akuntan yang memiliki tugas melayani masyarakat dalam lingkup publik dan melayani masyarakat yang membutuhkan jasa akuntan. Tugas dari akuntan publik adalah melakukan pemeriksaan laporan keuangan, menyusun sistem akuntansi dan lain sebagainya.

  1. Akuntan Pendidik

Akuntan pendidik merupakan salah satu jenis profesi akuntan dimana akuntan tersebut bekerja pada lembaga-lembaga pendidikan. Tugas dari akuntan pendidik adalah merancang kurikulum pendidikan akuntansi, melakukan penelitian di bidang akuntansi hingga mengajar akuntansi.

Daftar Perusahaan Akuntan Dengan Gaji Tertinggi

Kalau kamu berminat bekerja sebagai akuntan di perusahaan akuntan maka kamu ga boleh skip info berikut ini nih. Pasti kamu mau kan kerja di perusahaan akuntan yang terbesar di Indonesia ditambah memiliki gaji yang besar pula. Nah, berikut ini adalah daftar perusahaan akuntan di Indonesia dengan gaji tertinggi: 

  1. PwC (Price Waterhouse Coopers)

Price Waterhouse Coopers ( PwC) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa profesional yang terbesar di dunia. PwC termasuk salah satu perusahaan The Big 4. PwC memberikan beberapa macam jasa di banyak negara yaitu audit, konsultasi, asuransi dan perpajakan. PwC ada di 155 negara dan memiliki lebih dari 284.000 pegawai. Pendapatan kotor dari PwC hingga bulan Juni 2020 mencapai US$ 43 miliar.

Karyawan PwC mendapatkan gaji yang terbilang besar, tergantung pada posisinya di perusahaan tersebut. Untuk posisi Manajemen, karyawan PwC mendapatkan gaji Rp. 4.000.000 hingga Rp. 70.000.000 per bulan, untuk posisi Tax Manager Akuntansi mendapatkan gaji Rp. 27.000.000 hingga Rp. 30.000.000 per bulan dan lain sebagainya.

  1. Deloitte

Deloitte adalah salah satu perusahaan The Big Four yang bergerak di bidang perusahaan jasa profesional. Perusahaan utama Deloitte terletak di Amerika namun terdapat cabangnya di Indonesia. Deloitte menyediakan jasa berupa audit, perpajakan, konsultasi, analisis risiko perusahaan dan jasa penasehat keuangan klien publik maupun swasta. Di tahun 2004, Deloitte mengantongi pendapatan sebesar US$ 16,4 miliar.

Karyawan Deloitte mendapatkan gaji dengan besaran yang beragam, contohnya pada posisi Manajemen, karyawan Deloitte memperoleh gaji sebesar Rp. 8.200.000 hingga Rp. 49.100.000 per bulan, untuk bidang pelayan mendapatkan gaji Rp. 24.000.000 hingga Rp. 41.900.000 dan lain sebagainya.

  1. KPMG (Klynveld Peat Marwick Goerdeler)

KPMG adalah perusahaan jasa profesional multinasional dan merupakan salah satu perusahaan dari The Big Four. Kantor pusat KPMG terletak di Amstelveen, Belanda dan terdapat di 147 negara dengan mempekerjakan sekitar 219.000 karyawan. Jasa yang ditawarkan oleh KPMG adalah audit keuangan, pajak serta penasehat.

Gaji karyawan KPMG untuk bidang akuntansi berkisar Rp. 5.000.000 hingga Rp. 7.000.000 dan untuk karyawan magang digaji sebesar Rp. 2.000.000 hingga Rp. 3.000.000 di bidang Teknologi Informatika dan lain sebagainya.

  1. EY (Ernst & Young)

Ernst & Young adalah perusahaan jasa profesional multinasional yang kantor pusatnya terletak di London. Ernst & Young ini termasuk The Big Four. Ernst & Young menyediakan jasa audit keuangan, pajak, konsultasi dan lain sebagainya.

Karyawan EY mendapatkan gaji yang beragam, untuk eksekutifnya sekitar Rp. 3.000.000 hingga Rp. 78.400.000, bidang pelayanannya sekitar Rp. 48.000.000 hingga Rp. 50.200.000 dan lain sebagainya.

Nah itu dia informasi mengenai profesi akuntan mulai dari definisi profesi akuntan, tugas dan tanggung jawab profesi akuntan hingga daftar perusahaan akuntan dengan gaji tertinggi. Menarik kan informasinya? Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan kalian ya.

Keyword: Daftar Perusahaan Akuntan dengan Gaji Tertinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *