Cek Yuk Daftar Universitas Terbaik di Amerika!

Author:

Daftar Perguruan Tinggi di Amerika – Siapa sih yang ga mau punya kesempatan berkuliah ke luar negeri? Pasti kalau memiliki kesempatan untuk bisa kuliah di luar negeri semua orang pun mau. Sebenarnya, di Indonesia pun banyak universitas-universitas yang memiliki kurikulum yang sangat bagus dan terkenal di dunia. Namun, tidak sedikit orang yang memilih untuk melanjutkan pendidikan sarjana atau pascasarjana nya di luar negeri karena lebih bergengsi dan ingin mendapatkan pengalaman baru.

Ada banyak sekali negara yang dijadikan pilihan bagi para pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana atau pascasarjananya, salah satunya adalah Amerika Serikat. Ada beberapa pilihan universitas yang sangat terkenal di dunia dan tentunya berkualitas. Apa aja sih universitas yang bagus di Amerika? Kalau penasaran, simak ya informasinya di bawah ini.

Daftar Perguruan Tinggi Terbaik di Amerika

Sebelum memutuskan ingin berkuliah ke Amerika, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu universitas mana yang akan kamu pilih. Dalam menentukan universitas pasti ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan misalnya adalah apakah jurusan yang kamu mau ada di universitas tersebut serta apakah universitas tersebut termasuk ke dalam universitas terbaik di Amerika atau tidak. Untuk menambah informasi bagi kamu yang berminat berkuliah di Amerika, berikut adalah daftar perguruan tinggi terbaik di Amerika:

  1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Massachusetts Institute of Technology (MIT) merupakan perguruan tinggi swasta yang telah ada sejak tahun 1861, berlokasi di Cambridge, Amerika Serikat. Massachusetts Institute of Technology (MIT) memiliki 30 departemen yang terdiri dari 5 school dan 1 college yaitu School of Science, MIT Sloan School of Management, MIT Schwarzman College of Computing, School of Architecture and Planning, School of Humanities, Arts, and Social Sciences dan School of Engineering.

  1. Stanford University

Siapa sih yang ga tau universitas satu ini. Stanford University adalah salah satu universitas terbaik di Amerika, bahkan di Amerika loh!. Stanford University telah berdiri sejak tahun 1885 yang terletak di negara bagian California, Amerika Serikat. Stanford University memiliki 7 school yaitu Law, Medicine, Education, Business, Humanities & Sciences, Engineering dan Earth, Energy & Environmental.

  1. University of Chicago

University of Chicago adalah universitas swasta yang berlokasi di tepi danau Michigan dan Chicago Loop, Chicago, Amerika Serikat. University of Chicago menawarkan 86 gelar sarjana muda dengan lebih dari 70 konsentrasi minor, seperti seni, ilmu kesehatan, ilmu hayat dan lain sebagainya.

  1. Cornell University

Cornell University adalah universitas swasta yang berlokasi di Ithaca, New York yang berdiri sejak 1865. Cornell University pernah meraih peringkat ke 21 dalam kategori universitas terbaik di dunia versi QS World University Rankings.

Cornell University memiliki 14 collage yaitu College of Architecture, Art, and Planning, College of Agricultural and Life Sciences, College of Engineering, 

School of Hotel Administration, College of Arts and Sciences, College of Human Ecology, School of Industrial and Labor Relations, Cornell Tech, Cornell Law School, Samuel Curtis Johnson Graduate School of Management, College of Veterinary Medicine, Weill Cornell Medical School (New York City), Weille Cornell Medical (Doha, Quatar), Weille Cornell Graduate School of Medical Sciences (New York City) dan School of Continuing Education and Summer Sessions.

Cornell University memiliki fasilitas yang lengkap seperti asrama, kantin mahasiswa yang bernama Cornell Dining dan lain sebagainya.

  1. Yale University

Yale University adalah salah satu universitas swasta terbaik di Amerika yang didirikan tahun 1701. Kampus ini dilengkapi oleh fasilitas yang sangat lengkap yaitu lapangan stadion yang besar, lapangan hockey, lapangan basket, lapangan golf, kolam renang dan lain sebagainya.

Yale University terdiri dari Graduate School of Arts and Sciences, collage dan 13 profesional school salah satunya adalah Law School. Tidak hanya itu aja, yang bikin istimewa, Yale University memiliki program studi Medieval Yale. Apa itu program studi Medieval Yale? Jadi ini adalah program studi interdisipliner dimana fakultasnya berdiri sendiri. Pada Studi Medieval, kamu bebas mengambil mata kuliah dari berbagai departemen misalnya adalah Filsafat, Studi Agama, Bahasa dan Sastra Slavia, Spanyol dan Portugis, dan lain sebagainya.

  1. Columbia University

Columbia University merupakan salah satu universitas terbaik di Amerika, tepatnya di New York. Jangan heran ya kalau tingkat penerimaan di Columbia University ini rendah karena persaingannya ketat sekali. Oleh karena itu, hanya orang-orang terpilih yang benar-benar memiliki kemampuan dan prestasi yang baik yang dapat keterima di Universitas ini. Ada beberapa pilihan program studi di Columbia University yakni teknologi, seni, bisnis, kesehatan dan lain sebagainya. Berminat masuk ke Columbia University? Siap-siap bersaing ketat ya.

  1. Harvard University

Harvard University adalah salah satu universitas terbaik di dunia yang telah berdiri sejak 1636. Ada beberapa fakultas di Harvard University yaitu Harvard Law School,Harvard Business School, Harvard Faculty of Arts and Sciences, Harvard Graduate School of Public Health, Harvard University Graduate School of Design, Harvard Medical School, Harvard Divinity School, Harvard Graduate School of Design dan Kennedy School of Government.

Persiapan Kuliah di Amerika

Tidak hanya mental dan biaya saja yang harus dipersiapkan, namun ada hal-hal penting lainnya yang harus dipersiapkan sejak jauh-jauh hari jika kamu berniat berkuliah di Amerika. Apa saja itu? Simak informasinya berikut ini ya.

Keuntungan Berkuliah di Amerika

Dengan berkuliah di Amerika, kamu bisa mendapatkan keuntungan-keuntungan berikut ini:

  1. Kualitas Pendidikan

Tak usah diragukan lagi, kualitas pendidikan di Amerika sangat baik. Gelar Amerika Serikat dianggap banyak orang sebagai salah satu terbaik di dunia.

  1. Sistem Pendidikan Beragam

Amerika Serikat adalah salah satu negara yang sistem pendidikannya beragam.

  1. Meningkatkan Prospek Kerja Setelah Lulus

Mendapatkan gelar dari universitas di Amerika akan sangat diakui dan dihormati di negara lain, tanpa terkecuali di Indonesia. Tidak heran jika saat melamar pekerjaan, kemungkinan besar kamu akan diterima karena banyak sekali perusahaan di Indonesia yang mencari lulusan luar negeri.

  1. Universitas di Amerika Memiliki Beragam Fasilitas

Tak perlu khawatir jika berkuliah di Amerika Serikat karena kamu dapat merasakan berbagai macam fasilitas seperti kursus bahasa Inggris, pelatihan dan lain sebagainya. Mahasiswa internasional akan sangat dibantu untuk dapat menyelesaikan perkuliahan di Amerika.

  1. Mendapatkan Kesempatan dalam Bidang Penelitian dan Mengajar

Berkuliah di Amerika membuat kamu bisa mendapatkan kesempatan dalam bidang penelitian serta mengajar. Dalam bidang penelitian, mahasiswa internasional cenderung mendominasi. Mereka memiliki ide-ide yang fresh dan etos kerja yang lebih besar.

Syarat Berkuliah di Amerika

  1. Melampirkan Ijazah SMA

Ijazah SMA adalah salah satu dokumen yang wajib jika ingin berkuliah di Amerika.

  1. Kemampuan Berbahasa Inggris

Materi perkuliahan akan dijelaskan dalam Bahasa Inggris, oleh sebab itu mampu berbahasa Inggris adalah wajib jika mau kuliah di Amerika. Kamu harus memiliki sertifikat TOEFL sebagai syarat dapat berkuliah di Amerika.

  1. Visa Pelajar

Tidak seperti negara lain, Amerika Serikat mensyaratkan harus memiliki Visa pelajar jika mau berkuliah di Amerika.

  1. Dokumen Lainnya

Selain yang telah disebutkan diatas ada beberapa syarat dokumen untuk berkuliah di Amerika Serikat yaitu surat rekomendasi (biasanya dari 3 orang), esai yang menjabarkan diri kamu serta alasan mau berkuliah di Amerika Serikat.

Demikian informasi seputar daftar perguruan tinggi di Amerika serta persiapan yang harus dilakukan sebelum berkuliah ke Amerika. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat ya teruma untuk kamu yang mau kuliah di Amerika.

Keyword: Daftar Perguruan Tinggi di Amerika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *