Mau Kuliah di Jerman? Berikut ini Jurusan Favorit Perguruan Tinggi di Jerman

Author:

Jurusan favorit di perguruan tinggi di Jerman – Jerman adalah salah satu negara favorit pelajar dari mancanegara untuk melanjutkan pendidikan ke tahap selanjutnya yaitu pendidikan S1 dan pendidikan S2. Kualitas sistem pendidikan serta Universitas di Jerman tidak dapat diragukan. Bahkan, mantan presiden RI, B.J. Habibie pun berkuliah di Jerman.

Tidak hanya dikenal sebagai salah satu negara yang sistem pendidikannya terbaik di dunia, Jerman juga dikenal sebagai negara yang ramah terhadap mahasiswa internasional dan Jerman sangat mensupport mahasiswa Internasional untuk bisa berkuliah di Jerman tanpa membeda-beda kan dengan mahasiswa lokalnya. Hal ini terbukti dengan kebijakan Jerman yang menyamakan biaya kuliah mahasiswa internasional dengan biaya kuliah mahasiswa lokal. Tidak sedikit pula Universitas di Jerman yang menggratiskan biaya kuliahnya melalui program beasiswa untuk mahasiswa internasional.

Jerman memiliki ratusan universitas dimana universitas tersebut masuk dalam peringkat 200 besar universitas terbaik di dunia. Universitas-universitas tersebut memiliki Fakultas yang beragam serta jurusan yang bervariasi. Beberapa dari kalian yang berminat berkuliah di Jerman pasti masih bingung dalam memilih jurusan yang tepat untuk berkuliah di Jerman nantinya kan? Ga perlu khawatir karena dalam artikel ini akan dibahas mengenai jurusan-jurusan favorit apa aja sih yang ada di perguruan tinggi Jerman. Ini dapat membantu kamu dalam memilih jurusan yang tepat yang sesuai minat dan kemampuan kamu. Tapi sebelum membahasnya, simak dulu ya informasi mengenai hal apa aja yang harus dipersiapkan untuk berkuliah di Jerman berikut ini.

Persiapan Kuliah di Jerman

Berkuliah di negeri orang pasti akan terasa sulit di awal-awal karena kamu harus menyesuaikan dengan budaya di negeri tersebut. Belum lagi kendala bahasa. Nah, kalau kamu berniat kuliah di Jerman ada hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu nih supaya kamu tidak mengalami “culture shock“.

Menyesuaikan Diri dengan Sistem Pendidikan di Jerman

Kamu tidak bisa meremehkan penyesuaian diri terhadap sistem pengajaran dan mata kuliah di Jerman. Kenapa? Karena berdasarkan penelitian, tingkat rata-rata mahasiswa internasional terpaksa drop out adalah 41% disamping karena masalah finansial serta sistem pendidikannya yang tinggi. Oleh sebab itu kamu harus mempersiapkan dirimu sematang mungkin agar tidak putus kuliah ditengah jalan karena tidak sanggup mengikuti perkuliahan di Jerman. Kamu bisa mencari tahu dan menggali informasi mengenai sistem pendidikan kuliah di Jerman melalui google atau youtube.

Wajib Bisa Bahasa Jerman

Mampu berbahasa Inggris saja tidak cukup loh kalau kamu mau berkuliah di Jerman. Kamu wajib bisa berbahasa Jerman kalau mau berkuliah di Jerman. Ada beberapa mahasiswa yang putus kuliah di tengah jalan salah satu faktor terbesarnya adalah karena kendala tidak bisa berbahasa Jerman. Mahasiswa yang tidak bisa berbahasa Jerman akan kesulitan berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari bahkan kesulitan pada saat berkuliah.

Oleh sebab itu, kamu wajib kursus bahasa Jerman terlebih dahulu sebelum memulai kuliah di Jerman. Kamu bisa kursus bahasa Jerman di Indonesia atau di Jermannya langsung selama kurang lebih 1 tahun.

Jurusan Favorit di Perguruan Tinggi di Jerman

Sudah seharusnya kamu mengetahui jurusan apa yang akan kamu ambil dari jauh-jauh hari sebelum mendaftar kuliah ke Jerman. Namun, beberapa orang pasti merasa bingung atau tidak tahu harus mengambil jurusan apa saat berkuliah nanti. Kamu harus memikirkan hal ini matang-matang karena kalau salah jurusan atau dalam kata lain ternyata jurusan yang kamu pilih tidak sesuai dengan minat kamu maka bisa berakibat terganggunya perkuliahan yang kamu jalani.

Nah, kalau kamu termasuk salah satu orang yang merasa bingung harus mengambil jurusan apa saat berkuliah di Jerman nanti, berikut akan dijabarkan jurusan favorit di perguruan tinggi di Jerman yang bisa menjadi referensi kamu dalam memilih jurusan nantinya:

Bisnis dan Manajemen Internasional

Tidak hanya di Indonesia saja, jurusan Bisnis dan Manajemen Internasional juga menjadi jurusan favorit para mahasiswa di Jerman, khususnya mahasiswa internasional yang berasal dari berbagai negara di dunia. Kalau kamu berminat menjadi pengusaha atau bekerja di bidang bisnis atau manajemen, kamu bisa memilih jurusan kuliah S1 di Jerman yang biasanya disebut Wirtschaft und Management atau dalam bahasa Inggris disebut Business and Management.

Psikologi

Jurusan psikologi sangat diminati di Jerman. Profesi sebagai Psikologi juga sangat menjanjian di Jerman. Bagaimana tidak? Jerman termasuk salah satu negara yang memiliki kesadaran yang tinggi terhadap kesehatan mental.

Diperkirakan pada tahun 2029, potensi pekerjaan bidang psikologi akan meningkat hingga 3%. Gaji seorang psikolog di Jerman tinggi oleh sebab itu profesi ini menjadi profesi favorit di Jerman. Namun untuk bisa menjadi seorang psikolog kamu harus memiliki latar belakang pendidikan  S2.

Komunikasi

Jurusan lainnya yang menjadi favorit di Jerman adalah jurusan Komunikasi. Banyak sekali profesi yang bisa kamu jalani kalau kamu memiliki latar belakang pendidikan komunikasi, seperti Jurnalis, HR, Public Speaking dan lain sebagainya.

Pendidikan

Kamu tertarik menjadi tenaga pengajar? Berarti kamu cocok dengan jurusan pendidikan atau dalam bahasa Jerman disebut dengan Erzieher. Jika mengambil jurusan ini kamu akan mempelajari cara mengatur kelas didik, mendesain’l kurikulum pendidikan dan lain sebagainya.

Engineering

Engineering atau mechanical engineering atau dalam bahasa Jerman adalah Maschinenbau adalah jurusan terfavorit di Jerman. Bagaimana tidak? Prospek kerja lulusan jurusan ini sangat menjanjikan bahkan kamu bisa mendapatkan gaji yang sangat besar. 

Sejarah dan Ilmu Sosial

Kamu tertarik belajar sejarah dan ilmu sosial? Kamu bisa mengambil jurusan 

Sozialwissenschaften. Berdasarkan hasil penelitian, pekerjaan di bidang ilmu sosial akan mengalami peningkatan kurang lebih 5% dari tahun 2019 hingga 2029. Akan ada sekitar 68.200 peluang terhadap pekerjaan di bidang ini. Pekerjaan di bidang ini tidak bisa dipandang sebelah mata karena gajinya sangat menjanjikan. Kamu bisa mendapatkan 1.200 euro per bulan tergantung jenis pekerjaannya.

Healthcare dan Health Professions

Kalau kamu berniat menjadi dokter, perawat atau bidan maka jurusan yang cocok untuk kamu adalah jurusan kedokteran dan jurusan keperawatan. Jurusan ini masih menjadi favorit di Jerman dan profesi sebagai dokter dan perawat serta bidan masih sangat dibutuhkan di Jerman. 

Namun, syarat utama untuk berkuliah jurusan ini adalah harus bisa berbahasa Jerman dengan baik atau di atas rata-rata. Karena banyak sekali istilah-istilah medis dalam bahasa Jerman yang harus kamu hafalkan kalau mau kuliah kedokteran dan keperawatan.

Teknik Komputer dan Informasi

Teknik komputer dan informasi atau dalam bahasa Jerman dikenal dengan istilah Information Wissenschaft dan Computer Wissenschaft menjadi jurusan favorit di Jerman. Kamu tertarik dengan hal-hal yang berkaitan dengan komputer, coding maupun pemrograman berarti kamu cocok dengan jurusan ini. Prospek pekerjaan untuk lulusan ini sangat menjanjikan mengingat perkembangan teknologi yang semakin berkembang. Selain itu, gaji di bidang ini juga cukup tinggi.

Seni Visual dan Seni Pertunjukkan

Kalau kamu tertarik dengan seni, berarti kamu cocok dengan jurusan Seni Visual dan Seni Pertunjukkan. Mahasiswa yang berasal dari negara Jepang, Cina maupun Korea rata-rata mengambil jurusan ini.

Biologi dan Ilmu Biomedis

Jurusan biologi dan ilmu biomedis menjanjikan karir yang bagus dan potensi gaji yang tinggi. Tak heran jika jurusan ini selalu menjadi favorit di Jerman. Pada tahun 2029 diperkirakan jurusan ini akan mengalami peningkatan hingga 4%.

Selain terfavorit dan terpopuler di Jerman, jurusan-jurusan tersebut memiliki prospek kerja untuk lulusannya yang lumayan gemilang loh.

Demikian informasi seputar persiapan kuliah di Jerman serta jurusan favorit di Perguruan Tinggi di Jerman. Semoga informasi diatas dapat membantu kamu dalam memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan kamu ya.

Keyword: Jurusan favorit di perguruan tinggi di Jerman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *