Inilah Perguruan Tinggi Favorit di Luar Negeri !

Author:

Perguruan Tinggi Favorit di Luar Negeri – Bisa berkesempatan berkuliah ke luar negeri mungkin adalah impian beberapa orang khususnya yang ingin memiliki karir yang gemilang dan pengalaman baru . Namun tidak semua orang memiliki kesempatan untuk bisa berkuliah di luar negeri. Bagi yang memiliki kesempatan dan kemampuan untuk berkuliah ke luar negeri pasti dari jauh-jauh hari sudah menentukan akan berkuliah di negara mana, perguruan tinggi mana dan jurusan apa yang akan diambil nantinya.

Menentukan pilihan akan berkuliah dimana dan jurusan apa itu penting banget dilakukan dari jauh-jauh hari bahkan kalau bisa sejak duduk di bangku SMA kamu harus sudah memikirkan hal itu. Khususnya untuk yang ingin berkuliah di luar negeri, banyak hal yang harus dipersiapkan oleh sebab itu kamu harus menentukan universitas dan jurusan pilihanmu untuk berkuliah dari jauh-jauh hari.

Kalau kamu masih belum menentukan pilihan kamu atau bingung harus berkuliah di universitas mana kamu harus menyimak artikel ini yang akan membahas mengenai Perguruan Tinggi di Luar Negeri yang menjadi favorit.

Macam-Macam Perguruan Tinggi Favorit di Luar Negeri

Banyak sekali Perguruan Tinggi terfavorit di luar negeri yang bisa kamu jadikan referensi untuk menentukan pilihan kamu nantinya. 

Berikut adalah macam-macam perguruan tinggi favorit di luar negeri :

Harvard University (Amerika Serikat)

Siapa yang tidak tau Universitas yang satu ini yang sudah ada sejak 1636? Banyak sekali orang yang ingin berkuliah di Harvard University namun sayangnya untuk bisa berkuliah disini tidak semudah yang dibayangkan. Proses seleksi masuknya ketat dan kamu harus bersaing dengan pelajar dari mancanegara yang tentunya memiliki keunggulan yang beragam. Tak heran jika Universitas Harvard meraih peringkat ketiga dalam ranking universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education

Universitas Harvard memiliki jurusan-jurusan unggulan yaitu Biologi, Matematika, Ilmu Sosial, Fisika dan Sejarah.

Stanford University (Amerika Serikat)

Stanford University adalah salah satu kampus swasta unggulan Amerika Serikat. Walaupun Stanford University adalah kampus swasta namun untuk bisa berkuliah disini butuh usaha yang sangat keras loh karena seleksinya super ketat dan susah. Stanford University meraih peringkat keempat dalam ranking universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education

Jurusan paling populer di Stanford University adalah Ilmu Biologi, Teknik, Biomedik, Ilmu Sosial dan lain sebagainya.

University of California Berkeley

University of California Berkeley adalah universitas yang terletak di San Fransisco dan sudah berdiri sejak tahun 1868. Kampus ini selalu menjadi favorit para pelajar dari mancanegara karena kualitas akademiknya yang sangat luar biasa. Jurusan favorit di Universitas ini adalah Teknik.

Massachusetts Institute Of Technology (MIT)

MIT, kampus swasta yang terletak di Amerika Serikat ini paling terkenal dengan jurusan Teknik dan Ilmu Fisikanya. Seleksi masuk MIT sangat ketat dan kompetitif karena MIT menjadi Perguruan Tinggi Terfavorit bagi pelajar dari mancanegara.

MIT meraih peringkat keenam dalam ranking universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education

Yale University

Universitas terfavorit di dunia berikutnya adalah Yale University yang terletak di Amerika. Yale University sering sekali dibandingkan dengan Harvard University dan sama-sama menjadi favorit para pelajar dari mancanegara. Jurusan yang terfavorit dari kampus ini adalah Sejarah, Teknik, Ilmu Sosial dan lain sebagainya. 

Yale University meraih peringkat kelima dalam ranking universitas terbaik di dunia versi Times Higher Education.

National University of Singapore (NUS)

Universitas yang didirikan tahun 1905 ini terletak di Singapura dan merupakan universitas terbesar di Singapura. NUS menjadi kampus favorit dan paling bergengsi di Singapura hingga saat ini.

Universitas Oxford 

Universitas yang terletak di Inggris ini selalu menjadi favorit orang-orang dari mancanegara. Banyak sekali orang yang tertarik bisa berkuliah di Universitas Oxford namun seleksi masuknya sangat ketat. Pada tahap wawancara, ada pertanyaan-pertanyaan unik yang sukar untuk dijawab. Hanya yang benar-benar terpilih dan unggul yang bisa berkuliah disini. 

Ada beberapa subject strength dari Universitas Oxford yakni peringkat 1 in the world for Arts & Humanities, peringkat 2 untuk Social Sciences & Management, peringkat 3 untuk Life Sciences & Medicine, peringkat 5 untuk Natural Science dan peringkat 9 untuk Engineering & Technology.

Universitas Cambridge

Universitas Cambridge adalah universitas terfavorit tidak hanya di Inggris melainkan di dunia. Universitas Cambridge diakui dunia dapat menghasilkan lulusan yang terbaik dan memiliki kemampuan yang terbaik tentunya. Tak heran jika orang berlomba-lomba masuk ke Universitas Cambridge ini karena kampus ini sangat populer di kalangan pelajar dari mancanegara.

Hal-Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Sebelum Berkuliah Ke Luar Negeri

Berkuliah di luar negeri tentu berbeda dengan berkuliah di Indonesia. Kamu pasti akan menghadapi adanya perbedaan budaya, lingkungan dan lain sebagainya oleh sebab itu kamu butuh persiapan yang matang sebelum berkuliah ke luar negeri. 

Motivasi Berkuliah di Luar Negeri

Apakah kamu ingin berkuliah di luar negeri karena hanya gengsi semata atau ikut-ikutan teman? Kalau alasan kamu seperti itu sebaiknya urungkan niat kamu untuk berkuliah ke luar negeri. Sebelum memutuskan untuk berkuliah ke luar negeri pastikan dulu apa motivasi kamu berkuliah ke luar negeri. Apabila alasan kamu kuliah ke luar negeri agar kamu memiliki pengalaman yang tidak bisa kamu dapatkan jika berkuliah di dalam negeri atau agar kamu bisa bekerja di luar negeri juga serta memiliki karir yang gemilang maka lanjutkan lah keinginan kamu untuk berkuliah ke luar negeri.

Jangan sampai kalau kamu kuliah ke luar negeri hanya karena ikut-ikutan teman atau gengsi semata maka kamu tidak akan fokus kuliah dan kerja kerasmu untuk bisa berkuliah ke luar negeri menjadi sia-sia.

Membuat Rencana yang Matang

Berkuliah ke luar negeri apalagi jika kamu memilih negara yang sangat jauh dari Indonesia membutuhkan perencanaan yang matang. Kamu akan menghabiskan waktu kurang lebih 4 hingga 5 tahun di luar negeri untuk berkuliah. Jadi, perencanaan seperti hal-hal yang dipersyaratkan untuk bisa berkuliah di luar negeri, tempat tinggal selama berkuliah, biaya hidup sehari-hari selama disana hingga biaya perkuliahan hingga kamu selesai harus direncanakan secara matang.

Mempelajari Bahasa Asing

Hampir setiap universitas di luar negeri mensyaratkan mahasiswanya harus bisa bahasa Inggris serta bahasa dari negara universitas tersebut. Misalnya kamu akan berkuliah di Jerman maka kamu harus bisa bahasa Jerman. Sebaiknya, satu tahun sebelum kamu mulai kuliah di luar negeri, kamu harus mengikuti kursus bahasa asing. Jadi, ketika pendaftaran perkuliahan sudah dibuka kamu sudah memiliki sertifikat bahasa asing serta kemampuan berbahasa asing yang baik.

Mempelajari Budaya Negara yang Akan Dituju

Mengetahui dan mempelajari budaya dari Negara yang akan kamu kunjungi untuk berkuliah ini sangat penting loh. Kalau kamu tidak paham dengan budaya di negara tersebut kamu akan susah menjalani kehidupan sehari-hari apalagi untuk berkuliah di negara tersebut butuh waktu kurang lebih 4 tahun. Sebaiknya, pelajari budaya dari negara tersebut melalui internet atau youtube agar ketika kamu sudah mulai kuliah di negara tersebut kamu sudah paham dan tidak kaget lagi dengan budaya dari negara tersebut.

Demikian informasi seputar perguruan tinggi terfavorit di luar negeri serta hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan sebelum kuliah di luar negeri. Semoga informasi di atas dapat kamu pahami dengan mudah dan menambah wawasan kamu.

Keyword: Perguruan Tinggi Favorit di Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *