Tertarik Bekerja di Kementerian? Berikut Daftar Kementerian dengan Gaji Tertinggi

Author:

Daftar kementerian dengan gaji tertinggi – Setiap orang memiliki pilihannya masing-masing dalam bekerja. Ada yang lebih bekerja di perusahaan swasta, perusahaan BUMN, wirausaha ataupun bekerja di instansi Pemerintahan. Salah satu instansi pemerintahan yang menjadi incaran para pelamar kerja adalah Kementerian.  Bagaimana tidak? Bisa bekerja di Kementerian menjadi kebanggaan sendiri dan juga banyak sekali tunjangan-tunjangan yang dapat diperoleh jika bekerja di Kementerian. Lalu Kementerian apa aja sih yang menawarkan gaji yang tinggi? Supaya tau informasinya simak ya informasinya berikut ini.

Daftar Kementerian di Indonesia

Sebelum membahas mengenai daftar kementerian yang memberikan gaji yang tinggi, ada baiknya nih kita bahas mengenai daftar kementerian di Indonesia. Jadi, kementerian di Indonesia ada 34 kementerian dimana kementerian-kementerian tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok yakni sebagai berikut:

Kementerian Kelompok I

Kementerian kelompok I terdiri dari kementerian dalam negeri, kementerian luar negeri dan kementerian pertahanan.

Kementerian Kelompok II

Kementerian kelompok II terdiri dari kementerian agama, kementerian agraria dan tata ruang indonesia, kementerian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi indonesia,kementerian energi dan sumber daya mineral, kementerian hukum dan HAM, kementerian kelautan dan perikanan, kementerian kesehatan, kementerian ketenagakerjaan, kementerian keuangan, kementerian komunikasi dan informatika, kementerian lingkungan hidup dan kehutanan, kementerian PUPR, Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi, kementerian perdagangan, kementerian perhubungan, kementerian perindustrian, kementerian pertanian, kementerian sosial.

Kementerian Kelompok III

Kementerian kelompok III terdiri dari kementerian sekretariat negara, kementerian koperasi dan usaha kecil dan menengah, kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi, kementerian perencanaan pembangunan nasional, kementerian BUMN, kementerian pemuda dan olahraga, kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif dan kementerian investasi.

Kementerian Koordinator

Kementerian koordinator terdiri dari kementerian koordinator bidang politik, hukum dan keamanan, kementerian koordinator bidang perekonomian, kementerian koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan, kementerian koordinator bidang kemaritiman dan investasi.

Daftar Kementerian Paling Banyak Diminati CPNS 2021

Seleksi CPNS tahun 2021 sudah berlalu beberapa bulan yang lalu. Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Badan Kepegawaian Negara, berikut adalah daftar kementerian paling banyak diminati CPNS 2021:

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Jumlah pelamar CPNS 2021 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia adalah 436.725 orang.

Kementerian Perhubungan

Jumlah pelamar CPNS 2021 Kementerian Perhubungan adalah 99.286 orang.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Jumlah pelamar CPNS 2021 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah 79.976 orang.

Kementerian Agama

Jumlah pelamar CPNS 2021 Kementerian Agama adalah 68.769 orang.

Kementerian Kesehatan

Jumlah pelamar CPNS 2021 Kementerian Kesehatan adalah 30.067 orang.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN

Jumlah pelamar CPNS 2021 Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN adalah 28.351 orang.

Daftar Kementerian dengan Gaji Tertinggi

Gaji pokok PNS Kementerian itu sebenarnya sama. Tapi, yang membedakannya adalah total uang yang diterima yang berbeda-beda karena besaran tunjangan kinerjanya berbeda-beda. Ketentuan gaji pokok PNS pada tahun 2021 mengacu pada PP Nomor 15 tahun 2011 tentang Perubahan Kedelapan Belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Besaran tunjangan kinerja PNS dihitung dari capaian kinerja organisasi serta capaian kinerja PNS tersebut. Besaran tunjangan kinerja berbeda-beda tergantung kementeriannya tersebut. Berikut adalah tunjangan kinerja PNS tertinggi di kementerian yaitu sebagai berikut ini:

Kementerian Keuangan

Pegawai Kementerian Keuangan jabatan 1 mendapatkan tunjangan per bulan sebesar Rp. 2.575.000 sedangkan pegawai Kementerian Keuangan pada jabatan 27 mendapatkan tunjangan sebesar Rp 46.950.000. 

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Pegawai Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mendapatkan tunjangan paling rendah sebesar Rp. 2.210.000,00 per bulan, sedangkan tunjangan paling tinggi mencapai Rp. 27.570.000,00 per bulan. 

Kementerian BUMN serta Kementerian Perindustrian

Pegawai kementerian bumn serta kementerian perindustrian mendapatkan tunjangan per bulan antara Rp. 2.531.250,00 hingga Rp. 33.240.000,00.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mendapatkan tunjangan paling rendah adalah Rp. 1.968.000,00 dan tunjangan paling tertinggi mencapai Rp. 26.324.000,00 per bulan.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Tunjangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengacu pada Perpres 54 tahun 2021. Besaran tunjangan pegawai Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  per bulan adalah mulai dari Rp. 2.500.000 hingga Rp. 33.200.000.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)

Sebelum digabungkan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, gaji pegawai Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mendapatkan tunjangan perbulan paling rendah sebesar Rp. 1.900.000 sedangkan tunjangan yang tertinggi sebesar Rp. 20.600.000 per bulan. Besaran tunjangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) diatur dalam Perpres Nomor 131 Tahun 2018 Tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kemenristekdikti.

Selain menerima tunjangan kinerja, PNS mendapatkan tunjangan lainnya seperti:

  1. Tunjangan Jabatan

Tunjangan jabatan atau disebut juga dengan tunjangan struktural diberikan kepada PNS yang memimpin suatu kesatuan organisasi/kesatuan kerja. Besaran tunjangan jabatan  yang didapatkan PNS untuk Eselon 4A sebesar Rp. 540.000, Eselon 3B sebesar Rp. 980.000, Eselon 3A sebesar Rp. 1.260.000 serta Eselon 2B sebesar Rp. 2.025.000 dan lain sebagainya.

  1. Tunjangan Fungsional Tertentu

Apa itu tunjangan fungsional tertentu? Tunjangan Fungsional Tertentu merupakan salah satu jenis tunjangan yang diterima PNS didasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu. Ada sekitar 42 jenis jabatan fungsional, misalnya tenaga pendidikan, tenaga kesehatan dan lain sebagainya. 

Jumlah tunjangan fungsional tertentu berbeda-beda tergantung jabatannya, yang dibedakan dari keterampilan serta keahliannya, diberikan berdasarkan SK pengangkatan pejabat berwenang. Misalnya adalah seorang PNS guru golongan IV, mendapatkan tunjangan fungsional tertentu sebesar Rp. 389.000 sedangkan untuk PNS perawat madya besaran tunjangan fungsional tertentunya adalah Rp. 850.000.

  1. Tunjangan Fungsional Umum

Tunjangan fungsional umum adalah tunjangan yang diberikan kepada PNS yang tidak menerima tunjangan jabatan atau tunjangan struktural atau tunjangan fungsional tertentu. Tunjangan fungsional umum yang diterima PNS, besarannya tergantung pada golongan PNS tersebut. Golongan I mendapatkan tunjangan fungsional umum sebesar Rp. 175.000. Golongan II mendapatkan tunjangan fungsional umum sebesar Rp. 180.000. Golongan III mendapatkan tunjangan fungsional umum sebesar Rp. 185.000. Golongan IV mendapatkan tunjangan fungsional umum sebesar Rp. 190.000. 

  1. Tunjangan Keluarga

Selain tunjangan kinerja, tunjangan jabatan, tunjangan fungsional tertentu dan tunjangan fungsional umum, PNS juga mendapatkan tunjangan keluarga. Tunjangan keluarga diberikan khusus bagi PNS yang telah berkeluarga. Tunjangan keluarga diberikan kepada suami/isteri dan maksimal 2 orang anak yang mana besarannya adalah 10% dan 2% dari gaji pokok.

  1. Tunjangan Beras

PNS beserta keluarganya mendapatkan tunjangan beras berupa uang sebanyak 10 kg per orang. Saat ini, harga beras ditetapkan sebesar Rp. 7.242 per kg, jadi kalau seorang PNS memiliki istri/suami dan 2 orang anak maka besaran tunjangan berasnya adalah Rp. 289.680.

Demikian informasi mengenai daftar kementerian, kementerian yang paling diminati di CPNS 2021, tunjangan kinerja PNS dan tunjangan-tunjangan lainnya yang diterima oleh PNS. Semoga informasi di atas dapat menambah pemahaman kamu ya terutama mengenai gaji dan tunjangan PNS Kementerian.

Keyword: Daftar kementerian dengan gaji tertinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *