Mengenal Jurusan Teknik industri dan Peluang Kerjanya

Author:

Para alumni jurusan teknik industry saat ini memiliki prospek kerja yang sangat luas di Indonesia. Mulai dari bidang pertambangan, bidang perbankan, periklanan, hingga layanan Kesehatan. Kisaran gaji yang akan didapatkan untuk alumni lulusan teknik industri ini juga sangat menggiurkan, maka tidak heran jika setiap tahunnya jurusan ini menjadi salah satu yang paling terpopuler dan diburu oleh calon mahasiswa baru.

Apa Itu Teknik Industri

Merupakan sebuah ilmu penggabungan antara ilmu manajemen dan teknik dimana akan mempelajari bagaimana melakukan optimasi kegiatan manusia seperti produksi, proposal strategi dan juga manajemen perusahaan. Oleh karena itu, jurusan Ini sangat cocok untuk mereka para lulusan IPA yang senang berbisnis dan ingin menjadi pemimpin pada perusahaan industri yang besar. 

Selain itu jurusan ini juga mempelajari teknik pengendalian produksi pada pabrik, seluk beluk mesin manufaktur, hingga pengelolaan jalannya pabrik. Jika Anda memutuskan untuk mendaftar pada jurusan ini, Anda akan mempelajari beberapa mata kuliah khusus diantaranya: Analisis finansial, Manajemen K3, Kapita Selekta Manajemen, Manajemen Proyek, Strategi Industri, Analisis Keputusan ,hingga Manajemen kualitas.

Mahasiswa dengan jurusan ini akan mempelajari pengetahuan dasar seputar teknik sistem dan industri yaitu perancangan kerja, analisis dan penelitian operasional, perancangan fasilitas dan energi manajemen, serta ekonomi teknik. Jadi, Anda sudah tidak heran bukan mengapa jurusan ini selalu populer dan tidak pernah sepi peminat di setiap tahunnya? Selain memperdalam berbagai ilmu yang dipelajari saat berkuliah pada jurusan ini, jurusan ini dapat memperkuat kompetensi diri pada alumni nya karena perdalaman ilmu pada bidang matematika ,fisika, kimia, kalkulus dan juga statistika.

Jurusan Teknik Industri dan Peluang Kerjanya

Karena cakupan ilmu yang dipelajari sangat luas, maka dari itu peluang kerja untuk lulusan ini sangat luas. Tidak hanya itu, kisaran pendapatan pada lulusan teknik industri ini juga sangat menggiurkan, mulai dari jutaan hingga puluhan juta di setiap bulannya. Nah, kAnda harus menyimak jurusan teknik industri dan peluang kerjanya berikut ini:

1. Product Analyst

Seorang product Analyst memiliki tugas untuk menganalisis produksi, mulai dari mengendalikan kualitas produksi, hingga melakukan pemeliharaan dan perawatan peralatan produksi manufaktur, hingga menilai keseluruhan hasil produksi. Tidak hanya itu, posisi ini banyak sekali dibutuhkan oleh perusahaan manufaktur untuk meningkatkan efisiensi hasil produksi dan menganalisa hasil riset pasar.

2. Industrial Engineer

Jurusan selanjutnya yang memiliki peluang kerja besar untuk lulusan teknik industri adalah Industrial Engineer atau biasa disebut juga manufacturing engineer yang bertugas untuk meningkatkan produktivitas pada proses produksi perusahaan manufaktur, meninjau jadwal dan menemukan apa saja potensi perbaikan dari kesalahan kesalahan yang ada, hingga merancang tata letak proses produksi dan memperkirakan biaya produksi yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Untuk bisa bekerja pada industri ini, Anda perlu memperdalam ilmu perhitungan matematika Anda.

3. Quality Controller 

Disebut juga dengan QC yang merupakan prospek kerja dari lulusan teknik industri yang paling populer diantara lainnya. Hal ini tentu saja dikarenakan perkiraan gaji yang bisa didapatkan pada lulusan ini cukup besar dan juga peluang karir yang menjanjikan. Quality Controller bertugas untuk memastikan kualitas produk sesuai dengan stAndar yang ditetapkan perusahaan, memeriksa raw material, mengelola tim, hingga meninjau kelayakan peralatan yang digunakan perusahaan dalam proses produksi. Maka, untuk menjadi seorang Quality Controller harus teliti dan sebaik mungkin, hal ini berguna untuk mengurangi risiko kesalahan seperti barang cacat yang terjual ke customer dan akan membuat citra perusahaan menjadi buruk.

4. Cost Control Engineer

Jurusan teknik industri dan peluang kerja yang selanjutnya adalah cost control engineer yang juga memiliki peluang karir yang tinggi dan gaji yang diatas rata rata. Sesuai dari namanya yaitu biaya, posisi ini dibutuhkan perusahaan untuk menyusun perhitungan biaya, waktu, dan tenaga yang dibutuhkan pada proses produksi barang. Tidak hanya itu, Anda juga akan bertanggung jawab dalam mengelola kas perusahaan serta anggaran produksi dan suatu proyek, maka tidak salah jika posisi ini dibutuhkan untuk mereka yang mahir berhitung.

5. Sales Engineer

Biasa dikenal dengan sebutan customer engineer yang merupakan spesialisasi yang harus memahami dan menguasai semua aspek teknis dalam suatu produk dan menjelaskannya kepada calon konsumen. Tidak hanya itu, seorang sales engineer juga bertugas untuk memberikan konsultasi produk yang dijual, menjelaskan berbagai fiturnya kepada pelanggan, dan melakukan negosiasi harga terhadap klien. Selain kemampuan negosiasi yang baik, sales engineer harus menguasai naluri dan skill marketing yang baik, serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

6. Production Engineer

Prospek kerja yang selanjutnya bagi seorang lulusan teknik industri adalah production Engineer. Dimana posisi ini memiliki tanggung jawab untuk mengawasi dan meningkatkan proses produksi di dalam perusahaan. Selain itu, seorang production engineer juga diwajibkan untuk bisa mengembangkan strategi untuk meningkatkan efisiensi dan laba perusahaan. Untuk menjadi seorang pekerja dengan posisi ini, Anda perlu mempelajari beberapa hal, diantaranya: memiliki pemikiran yang kritis dalam pemecahan masalah serta kemampuan analisa yang baik, kemampuan komunikasi verbal yang diatas rata rata, dan yang terakhir kemampuan untuk teliti serta memperhatikan hal hal detail dan kecil.

7. Logistic Specialist

Posisi ini disebut juga dengan spesialis koordinator barang logistik yang memiliki peluang kerja menjanjikan selanjutnya. Posisi ini memiliki tanggung jawab dalam mengawasi dan mengelola supply chain mulai dari tahap pembuatan produk, hingga penyimpanan dan pemesanan produk. Seorang logistic Specialist juga bertugas untuk bekerja sama dengan tim marketing untuk meningkatkan proses pemesanan barang pelanggan serta memantau proses pengiriman produk, memantau proses keluar masuknya produk pada kargo dan memahami perundangan undangan pengiriman logistik.

8. Market Research

Posisi terakhir yang bisa Anda dapatkan jika lulus pada jurusan teknik industri adalah market research. Posisi ini sangat menjanjikan untuk Anda yang menyukai interaksi langsung dalam meneliti suatu hal. Tugas utama seorang market research adalah mengumpulkan, menganalisa dan menyajikan penelitian yang dilakukan dalam bentuk data kuantitatif dan kualitatif. Mereka juga akan meneliti mengenai opini yang diungkapkan pelanggan, serta tren yang sedang marak di pasaran.

Kampus Teknik Industri Terbaik di Indonesia

Di Indonesia ada banyak sekali kampus yang menawarkan jurusan teknik industri untuk calon mahasiswa nya, mulai dari kampus yang terkenal hingga kampus yang belum dikenal banyak orang. Tapi, dibalik semua itu terdapat tujuh kampus dengan jurusan teknik industri terbaik di Indonesia, diantaranya adalah : 

  • Universitas Gadjah Mada ( UGM )
  • Universitas Sebelas Maret
  • Institut Teknologi Bandung ( ITB ) 
  • Universitas Andalas
  • Universitas Indonesia ( UI )
  • Universitas Brawijaya ( Unbraw )
  • Universitas Diponegoro ( Undip )

Seiring dengan semakin meningkatnya peminat pada jurusan ini, menjadikan jurusan ini sebagai program unggulan pada beberapa universitas di atas. Dari pembahasan di atas, sekarang Anda sudah mengetahui kan bahwa jurusan teknik industri memiliki jenjang karir yang menjanjikan serta gaji yang menggiurkan. Untuk itu, jika Anda ingin bergabung dengan jurusan ini tidak perlu khawatir ya dan terus asah kemampuan dan keahlian Anda agar bisa mendapatkan prospek karir yang menjanjikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *