Serba-Serbi tentang STIN dan keunggulannya

Author:

Halo…Halo. Balik lagi nih kita membahas tentang sekolah kedinasan yang bisa menjadi salah satu pilihan tujuan untuk tempat belajar temen-temen yang lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang setara. Di Indonesia, Salah satu sekolah kedinasan yang terkenal adalah STIN. STIN adalah singkatan dari Sekolah Tinggi Intelijen Negara. Jadi, sekolah ini untuk jadi agen rahasia, ya? Yap! Bisa dipahami begitu. Nah, untuk lebih kenal dan mengetahui apa aja sih tentang STIN dan bagaimana caranya menjadi Agen dan Intelijen. Simak Ulasan berikut ya!

Mengenal STIN

STIN, sesuai dengan namanya adalah sebuah sekolah yang mendidik orang-orang terbaik untuk mempelajari tentang Intelijen dan Agen. STIN ini di bawah naungan Badan Intelijen Negara langsung, loh! Keren banget bukan. Faktanya, Sekolah ini, mulanya didirikan pada tahun 2002 di Sentul Bogor, Jawa Barat. Kemudian disahkan oleh Presiden Pada tahun 2003. Lalu, pada tahun 2004, STIN diresmikan dan mulailah kuliah perdana.

Singkat cerita, tujuan didirikannya STIN ini adalah untuk mendidik, mengajarkan serta menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi anggota masyarakat yang berjiwa patriotisme dan nasionalisme. Memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan cara memiliki kemampuan akademik dan professional dalam menyerap, mengembangkan dan menerapkan keilmuan Intelijen baik dibidang ilmu pengetahuan, teknologi dan lain sebagainya.

baca juga: https://kahanan.com/2021/12/10/pkn-stan-ketenaran-dan-rahasia-di-baliknya/

Keunggulan Kuliah di STIN

Di Indonesia, yang mana memiliki beberpa sekolah kedinasan, tentu memiliki keunggulan masing-masing. Sehingga selalu menjadi tujuan untuk menimba ilmu bagi para tarunanya.

Nah, jadi apa sajakah keunggulan yang didapat dan dirasakan Ketika lolos dan berkuliah di STIN?

  1. STIN adalah sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Intelijen Negara. Maka dari itu, berkuliah di kampus ini tidak dipungut biaya apapun karena semua biaya dibayarkan oleh negara.
  2. STIN juga menyediakan asrama loh. Kerennya lagi, selain tinggal di asrama gratis, teman-teman juga agan diberikan konsumsi dan seragam yang juga bebas biaya.
  3. Fasilitas yang lengkap. Tentu tidak diragukan lagi, STIN menjadi salah satu sekolah kedinasan yang paling diminati. Memiliki fasilitas yang super lengkap dan biaya kuliah serta biaya hidup gratis. Sudah tentu selalu diburu peminat setiap tahunnya, ya!
  4. STIN telah terakdreditasi oleh BAN-PT, yang artinya kampus ini sudah diakui keunggulannya. Wow!
  5. Setelah lulus kuliah, temen-temen bisa diangkat menjadi CPNS juga loh.
  6. Dan, ini nih yang gak kalah super keren. Temen-temen bisa berlatih menjadi Indonesian Cyber Task Force yang ahli dalam bidang biomedical hazard.

Dari keunggulan-keunggulan di atas, tentu sangat banyak yang tergiur untuk bergabung menjadi taruna di STIN ya. Mungkin salah satu hal yang bisa memotivasi temen-temen adalah, dengan menonton film-film tengan Agen rahasia. Pasti super keren!

Lebih lanjut lagi, temen-temen sudah mengetahui tentang STIN dan keunggulannya. Sekarang timbul pertanyaan baru lagi nih. Kalo berminat untuk belajar di STIN, yang di pelajari apa aja ya?

Untuk memuaskan keingintahuan teman-teman mengenai STIN, yuk kita ulas semakin dalam.

STIN memiliki 2 jurusan yaitu:

1. Jurusan Agen Intelijen

Jurusan ini dibentuk untuk menyiapkan tarunanya menjadi seorang agen yang mumpuni serta memiliki keahlian sebagai seorang intelijen professional. Dimana nantinya lulusan-lusan Agen Intelijen ini dapat berkiprah di Indonesia dan menjadi masyarakat yang mengabdi pada negara serta menjunjung tinggi kode etik intelijen negara.

2. Jurusan Intelijen

Jurusan Intelijen yang tersedia di STIN adalah jurusan Intelijen Analisis. Apa aja yang dipelajari di jurusan ini? Yap! Jurusan ini menuntut para tarunanya/  mahsiswanya untuk berpikir kritis dan inovatif karena mereka dibina untuk memiliki keahlian dalam memecahkan masalah-masalah yang kompleks. Salah satu contoh yang barangkali menjadi suatu permasalahan kompleks yang menjadi tugas seorang intelijen adalah tentang terorisme, atau tentang pengaruh dan pergolakan politik yang mempengaruhi Indonesia dan hal-hal penting lainnya.

Udah semakin mantap untuk mendaftar di STIN?

Berikut kita ulas lagi apa-apa saja persyaratan pendaftarannya. Check it out!

Persyaratan Pendaftaran tahun 2021

  1. Warga Negara Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Tidak memiliki criminal record
  3. Berkelakuan baik yang dibuktikan oleh Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  4. Lulusan SMA (Bukan Paket C) periode 2019, 2020 dan 2021
  5. Tidak bertato/ memiliki bekas tato
  6. Belum pernah melahirkan bagi perempuan dan belum pernah memiliki anak biologis bagi laki-laki
  7. Tidak bertindik/ memiliki bekas tindik
  8. Sehat jasmani dan rohani dan tidak pernah mengalami patah tulang
  9. Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah selama masa pendidikan
  10. Tidak buta warna dan apabila berkacamata tidak lebih dari ukuran 1 untuk plus maupun minus
  11. Tinggi badan minimal untuk laki-laki 165 cm and Perempuan 160 cm
  12. Usia pada tanggal 31 Desember 2021 tidak lebih dari 21 tahun dan serendah-rendahnya 16 tahun
  13. Menyertakan surat persetujuan orang tua/wali

Nah, Sip! Setelah udah yakin banget kalo temen-temen memenuhi kriteria pendaftaran di atas. Lebih lanjut temen-temen sudah bisa untuk mulai mengurus dan mengumpulkan berkas-berkas yang dibutuhkan sebagai persyaratan administrasi.

Persyaratan Administrasi

  1. Surat persetujuan orang tua/wali
  2. Fotocopy ijzah bagi lulusan 2019 dan 2020, untuk lulusan 2021 bisa menggunakan surat keterangan lulus
  3. Pas foto 4×6, untuk laki-laki dengan latar belakang Merah dan untuk Perempuan dengan latar belakang Biru
  4. Foto berwarna seluruh badan ukuran postcard
  5. Fotocopy Akta Kelahiran/ Surat keterangan lahir

Berkas dan semua kelengkapan dokumen telah selesai dikumpulkan. Inilah saatnya teman-teman mendaftarkan diri untuk menjadi taruna di STIN.

Berikut ini alur pendaftarannya, ya:

  1. Teman-teman pertama kali harus mengakses portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id/
  2. Setelah berhasil mengaksesnya, teman-teman kemudian membuat akun SSCN dengan NIK yang valid. Lalu teman-teman perlu mencetak kartu akun informasi
  3. Setelah membuat akun SSCN, lalu teman-teman log-in dengan dengan akun yang sudah teman-teman buat
  4. Setelah log in, temen-temen upload swafoto, kemudian memilih sekolah kedinasan yakni STIN. Setelahnya temen-temen akan diminta untuk melengkapi nilai, upload berkas yang sudah teman-teman kumpulkan dan melengkapi biodata.
  5. Setelah semua data di point 4 selesai, teman-teman perlu untuk mengecek resume dan mencetak kartu pendaftaran
  6. Menunggu hingga data kita diverfikasi kemudian teman-teman bisa log in dan mengecek apakah temen-temen lulus verifikasi administrasi atau tidak
  7. Jika lulus, temen-temen akan mendapakan kode pembayaran
  8. Kemudian mencetak kartu uian di SCCN dan apabila pembayaran telah dikonfirmasi oleh sistem maka teman-teman sudah selesai mendaftar
  9. Langkah penting selanjutnya adalah mengikuti proses seleksi dan informasi kelulusan akan diumumkan oleh panitian seleksi intansi terkait

Sampai di sini, sudah cukup jelas ya tata cara pendaftarannya.

Selamat berjuang untuk masa depan, ya

Ditunggu kabar baiknya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *