Berminat Jadi Customer Service Bank? Cari Tau Yuk Gajinya!

Author:

Gaji Pegawai Customer Service Bank – Kalau kalian sedang mengalami kendala pada kartu ATM kalian atau kalian mau membuka rekening di suatu Bank maka pastinya anda harus berkunjung langsung ke Bank tersebut. Petugas yang melayani kebutuhan kalian seperti membuka rekening baru, membuka pin ATM yang ke blokir atau membuat kartu ATM yang baru disebut dengan customer service Bank. Customer Service Bank adalah petugas Bank yang akan melayani permasalahan dan kebutuhan nasabah Bank tersebut.

Mungkin bagi sebagian orang, menjadi customer service Bank adalah pekerjaan impian. Bekerja di Bank memiliki kebanggan tersendiri karena banyak yang beranggapan bahwa bekerja di Bank akan memiliki karir yang bagus, dapat hidup mapan karena gajinya besar dan lain sebagainya. Namun, apakah menjadi customer service di Bank akan mendapatkan gaji yang besar? Penasaran dengan jawabannya? Simak ya informasinya berikut ini.

Posisi Customer Service di Bank

Sebelum membahas mengenai besar gaji pegawai customer service Bank maka kamu wajib tau dulu nih informasi seputar posisi customer service di Bank, mulai dari pengertian customer service Bank, tugas dan tanggung jawab customer service bank dan syarat bekerja sebagai customer service bank.

Pengertian Customer Service Bank

Customer service Bank adalah petugas Bank yang berperan sangat penting. Dalam dunia perbankan, customer service berperan memberikan pelayan terbaik kepada nasabah yang mengalami masalah perbankan atau melayani nasabah yang ingin membuka rekening di Bank tersebut dan lain sebagainya. Customer service bank harus melayani nasabah dengan ramah, baik dan cepat serta harus mampu menyelesaikan masalah perbankan yang sedang dihadapi nasabah atau membantu nasabah membuka rekening di Bank tersebut.

Tugas dan Wewenang Customer Service Bank

Secara umum tugas dari customer service Bank adalah memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan terkait dengan permasalahan perbankan yang sedang dihadapi nasabah tersebut serta membantu nasabah untuk membuka rekening di Bank tersebut. Tugas customer service Bank lainnya adalah sebagai berikut ini:

  1. Membuat Berbagai Jenis Administrasi

Seorang customer service bertugas untuk melayani nasabah untuk berbagai jenis keperluan administrasi misalnya adalah melakukan pencetakan buku tabungan, mencetak giro, mencetak rekening koran, membuat cek, bilyet dan lain sebagainya.

  1. Memberikan Penawaran

Seorang customer service Bank bertugas menawarkan dan menjelaskan produk-produk yang dimiliki oleh Bank kepada nasabah. Customer service Bank juga harus mampu menjelaskan secara detail kepada nasabah terkait produk yang dimiliki oleh Bank tersebut. Selain itu, customer service Bank juga harus mampu memahami kebutuhan nasabah akan produk-produk Bank tersebut.

Customer service Bank memiliki beberapa wewenang yakni sebagai berikut:

  1. Melakukan verifikasi tanda tangan nasabah
  2. Apabila nasabah tidak memenuhi ketentuan yang telah diatur oleh Bank maka customer service berwenang untuk menolak permintaan buku bilyet cek dan transaksi perbankan lain sebagainya.
  3. Customer service berwenang untuk menyaksikan nasabah ketika nasabah sedang melengkapi dan menandatangani formulir, aplikasi, atau perjanjian yang berkaitan dengan produk atau layanan Bank tersebut
  4. Customer service berhak untuk menolak permintaan pembukaan rekening nasabah apabila nasabah tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang telah diatur oleh pihak Bank tersebut.
  5. Seorang customer service memiliki wewenang untuk menutup rekening nasabah atas permintaan nasabah itu sendiri atau karena faktor lain sesuai dengan mekanisme intern Bank tersebut.

Syarat Bekerja sebagai Customer Service Bank

Untuk menjadi customer service Bank, setiap Bank pasti mensyaratkan hal-hal tertentu untuk mengisi posisi tersebut. Syarat-syarat untuk dapat jadi customer service Bank itu berbeda-beda tergantung Banknya ktu sendiri. Secara umum, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi apabila kamu tertarik ingin menjadi seorang customer service di Bank, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Memiliki Penampilan yang Menarik

Hampir semua Bank mensyaratkan bahwa jika ingin menjadi customer service maka harus berpenampilan yang menarik. Syarat ini tidaklah aneh atau berlebihan mengingat tugas customer service adalah melayani nasabah dengan baik. Selain itu, biasanya ada syarat minimal ukuran tinggi tubuh jika ingin menjadi customer service yakni perempuan minimal 155 cm dan pria minimal 165 cm dengan berat badan yang proporsional.

  1. Belum Menikah

Syarat lain yang biasanya ditentukan Bank untuk posisi customer service adalah belum menikah.

  1. Jenjang Pendidikan

Semua Bank pasti akan mensyaratkan minimal jenjang pendidikan untuk dapat mengisi posisi customer service Bank. Syarat jenjang pendidikan ini berbeda-beda tergantung pada kebijakan Bank yang bersangkutan, bisa minimal lulusan SMA, Diploma-III (D3) bahkan Strata 1 (S1).

  1. Mampu bersikap Sopan, Ramah dan Sabar

Bekerja menjadi customer service menuntut kita untuk mampu bersikap sopan, ramah dan sabar terhadap nasabah.

  1. Mampu Menjadi Pendengar yang Baik.

Seorang customer service harus dapat menjadi pendengar yang baik untuk nasabahnya. Hal ini penting agar bisa memahami kebutuhan atau permasalahan perbankan yang sedang dihadapi nasabah.

  1. Memiliki Product Knowledge

Mungkin beberapa dari kamu belum pernah mendengar istilah product knowledge. Product knowledge adalah pengetahuan yang berkaitan dengan produk-produk yang ditawarkan. Product knowledge ini penting karena salah satu tugas customer service adalah menjelaskan produk-produk yang dimiliki oleh Bank kepada nasabah. Oleh sebab itu, customer service Bank harus bisa memahami dengan jelas perbedaan satu produk dengan produk lainnya, keunggulan produk tersebut dan informasi lainnya yang terkait dengan produk.

Baca Juga : Direktorat Jenderal Pajak dan Gaji Hingga Ratusan Juta?

Gaji Pegawai Customer Service Bank

Pasti kamu udah penasaran banget kan berapa sebenarnya gaji pegawai customer service Bank, apakah sama dengan gaji seorang Teller di Bank atau tidak. Berikut adalah informasi terkait gaji pegawai customer service Bank swasta dan Bank BUMN di Indonesia. 

Gaji Pegawai Customer Service Bank BUMN

Berikut adalah gaji pegawai customer service Bank Mandiri, BTN, BRI dan BNI per bulan pada tahun 2021:

  1. Gaji Pegawai Customer Service Bank Mandiri

Gaji pegawai customer service Bank Mandiri adalah Rp. 6.300.000 per bulan.

2. Gaji Pegawai Customer Service Bank BTN

Gaji pegawai customer service Bank BTN adalah Rp. 6.300.000 per bulan.

3. Gaji Pegawai Customer Service Bank BRI

Gaji pegawai customer service Bank BTN adalah Rp. 5.000.000 per bulan.

4. Gaji Pegawai Customer Service Bank BNI

Gaji pegawai customer service Bank BTN adalah Rp. 9.000.000 per bulan.

Gaji Pegawai Customer Service Bank Swasta

Berikut adalah gaji pegawai customer service Panin Bank, Bank CIMB Niaga, Permata Bank dan BCA per bulan pada tahun 2021:

  1. Gaji Pegawai Customer Service Panin Bank

Gaji pegawai customer service Panin Bank adalah Rp. 6.300.000 per bulan.

2. Gaji Pegawai Customer Service Bank CIMB Niaga

Gaji pegawai customer service Bank CIMB Niaga adalah Rp. 5.250.027 per bulan.

3. Gaji Pegawai Customer Service Permata Bank

Gaji pegawai customer service Permata Bank adalah Rp. 6.300.000 per bulan.

4. Gaji Pegawai Customer Service Bank BCA

Gaji pegawai customer service Bank BCA adalah Rp. 8.500.000 per bulan.

Nah itu dia informasi seputar posisi customer service di Bank serta besaran gaji pegawai customer service Bank. Dapat disimpulkan bahwa gaji pegawai customer service Bank BCA lebih besar dibanding gaji pegawai customer service Bank lainnya yang disebutkan di atas. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan kamu ya.

Keyword:

Gaji Pegawai Customer Service Bank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *