Mau Masuk Jurusan Teknik? Berikut Prospek Kerjanya!

Author:

Prospek Jurusan Teknik– Sebagian orang setelah lulus SMA memilih untuk langsung kerja namun sebagiannya lagi ada yang memilih untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi maka kamu harus memikirkan matang-matang dan dari jauh-jauh hari jurusan apa yang akan kamu ambil ketika akan berkuliah nanti.

Mungkin diantara kalian ada yang berencana akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi dan mengambil jurusan Teknik. Nah, kalian harus banget tau apa aja sih yang akan dipelajari ketika berkuliah jurusan Teknik dan yang paling penting untuk diketahui adalah bagaimana prospek jurusan teknik dalam dunia kerja. Kalau kalian mau tau jawabannya, simak ya artikel berikut ini.

Jurusan Teknik

Dalam Perguruan Tinggi, jurusan Teknik itu ada macam-macam yaitu teknik sipil, teknik lingkungan dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai macam-macam teknik tersebut simaklah informasi berikut.

Macam-Macam Jurusan Teknik

Berikut ini adalah daftar jurusan teknik yang paling sering direkomendasikan :

1. Arsitektur

Jurusan arsitektur adalah salah satu jurusan teknik yang mempelajari hal yang bersifat teknis pada bangunan dan juga tentang desain serta rancangan konstruksi bangunan. Jadi arsitektur itu ibaratkan menuangkan ide atau konsep serta desain kalau realisasi pembangunan bangunan tersebut adalah teknik sipil.

2. Teknik Elektro

Jurusan teknik elektro mungkin sering banget kalian dengar karena banyak sekali orang yang ingin mengambil jurusan ini ketika berkuliah. Jurusan teknik elektro mempelajari tentang listrik (electricity), elektronika dan electromagnetism.

3. Teknik Sipil

Teknik sipil adalah jurusan teknik yang mempelajari tentang proses merancang, membangun serta merenovasi gedung, jembatan, jalan serta infrastruktur lainnya.

4. Teknik Mesin

Jika kamu menyukai hal-hal yang berhubungan dengan mesin maka kamu cocok banget dengan jurusan teknik mesin. Jurusan teknik mesin mempelajari tentang prinsip-prinsip fisika dimana prinsip-prinsip fisika tersebut akan diimplementasikan pada analisis, manufaktur, desain dan pemeliharaan mesin.

5. Teknik Industri

Dalam jurusan teknik industri kamu akan mempelajari tentang mesin manufaktur serta mempelajari sistem manajemen pada sebuah industri. 

6. Teknik Perminyakan

Jurusan teknik perminyakan mempelajari seputar penambangan fluida. Penambangan fluida adalah penambangan berupa minyak bumi, panas bumi serta gas alam. Kamu juga akan mempelajari tentang eksplorasi, cara pengolahan minyak dan lain sebagainya. Jika kamu orang yang kreatif kamu cocok dengan jurusan teknik perminyakan karena mahasiswa Teknik Perminyakan harus inovatif dalam hal menentukan teknik yang lebih efisien untuk menghasilkan energi namun dengan tingkat emisi rendah.

7. Teknik Lingkungan

Jurusan teknik lingkungan mempelajari mengenai bagaimana menciptakan suatu lingkungan sehat serta bebas penyakit dengan teknik dan teknologi. Ruang lingkup jurusan teknik lingkungan ini cukup luas yaitu mulai dari pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, sistem drainase, dan lain-lain. 

8. Teknik Perkapalan

Jurusan teknik perkapalan mempelajari tentang berbagai hal yang berhubungan dengan kapal, misalnya adalah perancangan dan pembangunan kapal, pengoperasian kapal serta bisnis pengoperasian armada kapal. 

9. Teknik Kimia

Dalam jurusan teknik kimia, kamu akan mempelajari tentang bagaimana proses serta cara mengubah bahan baku mentah serta bahan kimia menjadi sebuah produk yang dapat bernilai komersial dengan memanfaatkan proses-proses kimia. 

10. Teknik Nuklir

Jurusan teknik nuklir mempelajari tentang prinsip-prinsip Fisika Nuklir serta interaksi antara radiasi serta material bahan dasarnya.

11. Teknik Informatika

Jurusan teknologi informatika adalah ilmu yang mempelajari tentang teknologi komputer. Jadi, kalau kamu berencana mengambil jurusan teknologi informasi maka kamu akan mempelajari mengenai fungsi-fungsi serta struktur instruksi dalam bahasa pemrograman untuk kemudian diaplikasikan pada komputer. Jurusan teknologi informatika sangat akrab dengan coding.

Fakta Seputar Jurusan Teknik

Informasi berikut ini wajib banget nih kamu ketahui sebelum kamu memutuskan mengambil jurusan teknik saat berkuliah nanti:

  1. Jurusan Paling Diminati

Jurusan teknik merupakan salah satu jurusan yang paling diminati di Indonesia. Jurusan yang paling diminati di SNMPTN 2021 dan SBMPTN 2021 adalah teknik informatika.

  1. Terdiri Dari Berbagai Spesialisasi

Seperti yang telah disebut sebelumnya, jurusan teknik itu terdiri dari berbagai macam, mulai dari teknik arsitektur hingga teknik informatika.

  1. Didominasi Mahasiswa Laki-Laki

Banyak yang beranggapan bahwa jurusan teknik lebih cocok untuk laki-laki. Faktanya, memang jurusan teknik rata-rata didominasi oleh laki-laki. Namun, tidak sedikit juga perempuan yang tertarik dengan jurusan teknik. Salah satu lulusan teknik yang merupakan pimpinan perusahaan IBM tingkat negara perempuan pertama, tingkat Asia Pasific adalah ibu Betti Alisjahbana. Tidak hanya ibu Betti Alisjahbana, ibu Karen Agustiawan yang pernah menjabat menjadi Direktur PT. Pertamina memiliki latar belakang pendidikan teknik.

  1. Terapan Ilmu yang Luas

Setelah lulus jurusan teknik, ilmu tentang teknik yang sudah didapatkan selama berkuliah memiliki terapan yang sangat luas. Sebagai contoh, untuk lulusan teknik mesin tidak hanya dapat mendesain produk namun kamu juga bisa mengembangkan produk.

  1. Prospek Kerja Menjanjikan

Kalau kamu mau cepat dapat kerja setelah lulus kuliah nanti, pilih jurusan teknik. Jurusan teknik itu termasuk ke dalam bidang ilmu STEM. STEM adalah singkatan dari Science, Technology, Engineering & Mathematics yang skillnya selalu dibutuhkan di semua sektor. Makanya jurusan teknik itu prospek kerjanya sangat menjanjikan.

Prospek Kerja Jurusan Teknik

Setelah mengetahui macam-macam jurusan teknik dan fakta seputar jurusan teknik maka langsung aja nih kita bahas mengenai prospek kerja jurusan teknik:

Arsitektur

Prospek kerja jurusan arsitektur itu banyak banget loh. Mulai dari developer, pemerintahan hingga kontraktor. Selain itu, jurusan arsitektur juga bisa berbisnis kebutuhan lanskap, contohnya adalah tanaman taman, pot hias dan lain sebagainya.

  1. Teknik Elektro

Prospek kerja teknik elektro sangat luas dan beragam karena hampir setiap industri pasti membutuhkan lulusan teknik elektro, mulai dari industri telekomunikasi hingga otomotif. 

  1. Teknik Sipil

Lulusan teknik sipil sangat dibutuhkan saat ini karena Indonesia sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur. Oleh sebab itu, lulusan teknik sipil banyak dibutuhkan oleh sektor pembangunan, misalnya adalah kontraktor. 

  1. Teknik Mesin

Lulusan teknik mesin memiliki prospek kerja yang sangat luas. Lulusan teknik mesin sebagian brdsr waktunya bekerja dibalik komputer, sebagai designer serta maintenance planner. Industri yang cocok untuk lulusan teknik mesin adalah industri otomotif, bioteknologi, minyak dan gas dan lain sebagainya

  1. Teknik Industri

Lulusan teknik industri dapat bekerja di bidang sistem informasi, konsultan manajemen, marketing, logistik dan lain sebagainya. 

  1. Teknik Perminyakan

Banyak yang beranggapan kalau lulusan teknik perminyakan hanya bisa kerja di industri perminyakan saja. Namun faktanya tidak seperti itu. Kamu bisa kerja di bidang asuransi dan perbankan, akademis, menjadi pebisnis bahkan bekerja di pemerintahan.

Lulusan teknik perminyakan memiliki softskill maupun hardskill yang bagus terutama kemampuan analisisnya. Sebagai contoh nih, kamu lulusan teknik perminyakan dan mau bekerja di industri asuransi dan perbankan. Kamu bisa jadi pekerja yang bertugas menganalisis tentang resiko klaim atau kredit yang diajukan pada kegiatan eksploitasi migas.

  1. Teknik Lingkungan

Hampir setiap industri pasti membutuhkan lulusan teknik lingkungan seperti industri pertambangan hingga industri makanan dan minuman. Mengapa lulusan teknik lingkungan selalu dibutuhkan oleh setiap industri? Karena lulusan industri dibutuhkan untuk mengelola limbah industri, mengolah air serta untuk memastikan keselamatan dan kesehatan para pekerja di industri tersebut.

Selain di sektor industri, lulusan teknik lingkungan juga dapat bekerja di sektor pemerintahan, seperti di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian dan lain sebagainya.

Sedangkan sektor swasta, lulusan teknik lingkungan dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan pertambangan, tekstil, petrokimia seperti PT Pertamina, PT Adaro Indonesia, PT Freeport Indonesia, PT Krakatau Steel dan lain sebagainya. 

  1. Teknik Perkapalan

Lulusan teknik perkapalan selain bisa bekerja di dalam negeri, besar kemungkinan juga bekerja di luar negeri. Pekerjaan yang sesuai untuk lulusan teknik perkapalan adalah di bidang perencanaan kapal hingga perbaikan kapal. Kamu bisa bekerja di industri maritim misalnya PT PAL Indonesia.

Selain itu, Kementerian Perhubungan dan Biro Klasifikasi Indonesia, juga membutuhkan lulusan teknik perkapalan.

  1. Teknik Kimia

Lulusan teknik kimia banyak sekali dibutuhkan oleh industri energi terbarukan, industri obat, industri pangan, industri minyak serta gas, industri perancangan alat, industri pengolahan limbah dan lain sebagainya.

  1. Teknik Nuklir

Lulusan teknik nuklir dibutuhkan oleh perusahaan perminyakan, pertambangan hingga perusahaan yang bergerak di bidang energi, seperti PLN, Pertamina, PLTN, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dan lain sebagainya. 

  1. Teknik Informatika

Lulusan teknik informatika sangat dibutuhkan oleh industri untuk merancang dan membangun perangkat lunak. Tidak hanya itu saja, lulusan teknik informatika dibutuhkan untuk mengambangkan cara-cara baru yang efektif dan efisien untuk keperluan penanganan masalah komputasi. 

Itu dia informasi seputar berbagai macam jurusan teknik serta prospek jurusan teknik. Semoga informasi diatas bisa jadi bahan pertimbangan kamu ya dalam memilih jurusan perkuliahan khususnya untuk yang berencana mengambil jurusan teknik.

Keyword: Prospek Jurusan Teknik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *