11 Universitas Terbaik di Negeri Jepang

Author:

Daftar Perguruan Tinggi di Jepang – Setelah lulus SMA nanti pasti diantara kalian ada yang memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke tahap selanjutnya yaitu berkuliah. Masing-masing orang memiliki rencana tersendiri dalam berkuliah, ada yang ingin melanjutkan kuliah di Universitas Negeri, ada yang ingin melanjutkan kuliah di Universitas Swasta bahkan tidak sedikit juga ada yang mau melanjutkan kuliah ke Universitas Luar Negeri.

Salah satu negara yang menjadi pertimbangan orang-orang yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana adalah Jepang. Di Jepang banyak sekali Universitas-Universitas bagus yang mencetak lulusan terbaik. Universitas apa aja yang merupakan Universitas terbaik di Jepang? Simak informasinya berikut ini ya.

Persiapan Berkuliah di Jepang

Negara Jepang selain banyak dikunjungi orang-orang untuk berwisata, juga dikunjungi untuk menempuh pendidikan ke jenjang berikutnya. Tidak sedikit mahasiswa asal Indonesia yang melanjutkan pendidikan ke Jepang, baik itu dengan biaya sendiri maupun dengan mengikuti program beasiswa. Buat kamu yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan sarjana ke Jepang, simak informasi penting berikut ini ya.

Syarat Berkuliah di Jepang

Jepang adalah negara maju yang memiliki sistem pendidikan yang sangat tinggi terutama sistem pendidikan sarjana nya. Jadi, tidak rugi apabila mahasiswa asal Indonesia memilih kuliah di Jepang. Untuk bisa berkuliah di Jepang syaratnya tidak sulit, apalagi jika memilih jalur mandiri, bukan jalur beasiswa. Jadi, dapat dikatakan bahwa semua orang bisa kok kuliah di Jepang asal memenuhi syarat dan ketentuan.

Buat yang udah penasaran sama syarat-syarat berkuliah di Jepang simak ya infonya:

  1. Bisa Berbahasa Jepang

Syarat utama untuk bisa kuliah di Jepang adalah bisa berbahasa Jepang. Oleh sebab itu sebelum memulai perkuliahan di Jepang kamu diharuskan mengikuti sekolah bahasa Jepang di Jepang. Tapi, bisa juga saat kamu masih SMA, kamu kursus bahasa Jepang dulu supaya pas kuliah di Jepang ga perlu ikut sekolah bahasa Jepang lagi di Jepang, untuk mempersingkat waktu.

Pasti di antara kalian bertanya kenapa harus bisa berbahasa Jepang? Apa supaya kita bisa berkomunikasi dengan masyarakat Jepang atau bagaimana? Jadi, syarat bisa berbahasa Jepang ini penting karena perkuliahan serta materi yang diberikan itu memakai bahasa Jepang. Makanya, bahasa Jepang itu diwajibkan untuk orang yang berminat berkuliah di Jepang.

  1. Memiliki Sertifikat Bahasa Inggris

Khusus untuk calon mahasiswa yang mau mengambil kelas internasional yang pengantarnya adalah bahasa Inggris maka kamu wajib memiliki sertifikat bahasa Inggris yang masih berlaku yaitu sertifikat TOEFL-IBT, TOEIC atau IELTS. Masing-masing kampus pasti menerapkan batas skor minimal oleh sebab itu persiapkan dirinya dari jauh-jauh hari kalau mau berkuliah di Jepang khususnya yang mengambil kelas internasional.

  1. Mengajukan Proposal Pendaftaran

Selain hal-hal di atas, syarat untuk bisa mendaftar kuliah di Jepang adalah calon mahasiswa harus mengirimkan proposal pendaftaran kepada profesor di Universitas yang dituju. Hal ini penting supaya profesor tersebut dapat menjadi pembimbing kamu selama kamu berkuliah serta melakukan riset. Oleh sebab itu pilihlah profesor yang sesuai dengan tema riset kamu nantinya.

Apabila professor tersebut sudah memberikan persetujuan maka dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran baru bisa dipersiapkan. Setiap kampus meminta dokumen yang berbeda-beda namun pada umumnya dokumen yang diminta adalah sertifikat bahasa Inggris, fotokopi ijazah dan surat rekomendasi.

  1. Menyiapkan CV dan Ijazah SMA

Tidak hanya mengirimkan proposal lamaran, calon mahasiswa juga harus membuat CV yang diajukan berbarengan dengan proposal lamaran. CV harus dibuat semenarik mungkin, menjelaskan tentang diri kamu serta prestasi-prestasi atau pengalaman organisasi yang pernah kamu dapatkan. Fotokopi ijazah SMA juga perlu dilampirkan dan harus dilegalisir.

Jurusan Paling Populer

Kalau kamu masih bingung mau ambil jurusan apa nanti ketika kuliah di Jepang, jangan skip informasi berikut ini ya. Kebanyakan, mahasiswa internasional yang berkuliah di Jepang, memilih jurusan Ekonomi, Sejarah maupun hubungan internasional.

Daftar Perguruan Tinggi di Jepang

Buat kamu yang mau berkuliah di Jepang tapi masih bingung mau di Universitas mana, berikut ini daftar perguruan tinggi di Jepang yang sangat direkomendasikan:

  1. Waseda University

Waseda University adalah Universitas swasta asal Jepang yang terbaik dan favorit di Jepang. CEO Uniqlo bahkan perdana menteri Jepang adalah lulusan Waseda University.

  1. Tohoku University

Kamu suka belajar tentang material, pembuatan benda hingga bangunan? Kamu cocok nih berkuliah di Tohoku University. Di Tohoku University ada jurusan material yang sangat terkenal dan masuk ke salah satu jurusan terbaik di dunia berdasarkan lembaga internasional Thomson-Reuters. Setidaknya ada 15 jurusan pada Tohoku University, meliputi keilmuan sastra-seni, sains, ekonomi, edukasi, kedokteran gigi, teknik dan lain sebagainya.

  1. Hokkaido University

Hokkaido University adalah universitas negeri yang terletak di Hokkaido, Jepang. Program s1 dari Hokkaido University terdiri dari 12 fakultas yakni sastra, hukum, ekonomi, kedokteran, kedokteran gigi, teknik, kedokteran hewan, ilmu perikanan, ilmu pengetahuan alam, farmasi dan ilmu farmasi, pertanian dan pendidikan.

  1. Kyushu University

Kyushu University adalah universitas yang terletak di Fukuoka, pulau Kyushu yang didirikan tahun 1903. Kyushu University menawarkan program studi yang beragam, seperti sains, ekonomi hingga pertanian. Untuk mahasiswa internasional, Kyushu University menawarkan program studi yang diajarkan dalam Bahasa Inggris.

  1. Nagoya University

Nagoya University merupakan universitas di Jepang yang telah berdiri sejak zaman kekaisaran meiji.

Kalau kamu tertarik di bidang sains maka kamu cocok banget nih berkuliah di Nagoya University. Penemu Blue-LED yaitu Hiroshi Amano dan Isamu Akasa merupakan alumni universitas ini loh.

  1. Tohoku University

Tohoku University adalah universitas negeri di wilayah Tohoku, Jepang yang didirikan tahun 1907. Universitas Tohoku memiliki 10 fakultas yaitu fakultas seni dan sastra, hukum, pendidikan, hukum, ekonomi, kedokteran gigi, kedokteran, sains, teknik, pertanian, farmasi dan ilmu farmasi.

  1. Osaka University

Osaka University didirikan tahun 1838 yang merupakan universitas riset publik. Universitas ini memiliki 2 program sarjana, 4 perpustakaan, 18 pusat penelitian serta 6 lembaga penelitian.

  1. Tokyo Institute of Technology

Tokyo Institute of Technology adalah salah satu universitas negeri di Jepang yang usianya udah lebih dari 130 tahun. Universitas ini menawarkan program S1 dalam Bahasa Inggris. Tokyo Institute of Technology merupakan salah satu universitas paling bergengsi dan untuk bisa masuk universitas ini kamu harus bersaing sangat ketat. Alumni Tokyo Institute of Technology rata-rata berkarir di bidang sains dan teknisi.

  1. Kyoto University 

Kyoto University merupakan salah satu dari 7 Universitas Nasional di Jepang. Program S1 dari Kyoto University adalah dalam Bahasa Inggris khusus untuk jurusan Teknik Sipil. 

  1. University of Tokyo

University of Tokyo ini adalah Universitas penelitian negeri ternama di Jepang yang sudah berumur 117 tahun. Program studi S1 pada University of Tokyo adalah dalam Bahasa Inggris. Universitas ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap.

  1. Tsukuba University

Tsukuba University adalah universitas nasional tertua di Jepang. Kalau kamu berminat mengambil jurusan hubungan internasional maka Tsukuba University cocok banget nih buat kamu. 

Itu dia informasi mengenai persiapan kuliah di Jepang hingga daftar perguruan tinggi di Jepang. Semoga dengan adanya informasi ini kamu bisa memilih dengan pasti universitas mana yang akan kamu ambil untuk melanjutkan pendidikan S1 di Jepang.

Keyword: Daftar Perguruan Tinggi di Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *