Mau Kuliah di Inggris? Berikut Daftar Perguruan Tinggi Terbaik di Inggris

Author:

Daftar Perguruan Tinggi di Inggris – Inggris merupakan salah satu negara yang paling banyak diminati oleh wisatawan dari mancanegara untuk berlibur. Tidak hanya sebagai destinasi liburan, negara Inggris juga menjadi pilihan bagi pelajar-pelajar dari berbagai negara, termasuk Indonesia untuk melanjutkan pendidikan Sarjana maupun Pasca Sarjana. Negara Inggris memiliki berbagai macam Universitas yang terbaik di dunia dengan sistem perkuliahan yang berkualifikasi tinggi. 

Tidak hanya itu saja kelebihan berkuliah di Inggris, Inggris termasuk negara yang terlibat aktif dalam penelitian-penelitian untuk mengembangkan teknologi paling terkini. Ini adalah kesempatan yang bagus untuk mahasiswa untuk terlibat dalam penelitian-penelitian yang penting. Kalau kamu mau cepat selesai kuliah, negara Inggris cocok banget nih buat jadi pilihan kamu untuk berkuliah. Kurikulum perkuliahan di Inggris sangat memudahkan mahasiswa supaya lebih cepat selesai kuliah. Jenjang pendidikan sarjana bisa ditempuh hanya dalam waktu 3 tahun bahkan jenjang magister hanya 1 tahun saja.

Kalau kamu berminat berkuliah di Inggris namun masih bingung apa aja yang harus dipersiapkan dan bingung mau memilih universitas apa, nah wajib banget nih nyimak tulisan ini.

Persiapan Kuliah di Inggris

Sebelum memutuskan kuliah di Inggris kamu perlu tau dulu nih apa aja yang harus dipersiapkan untuk bisa kuliah di Inggris.

Syarat Kuliah di Inggris

Ada beberapa syarat untuk bisa menempuh pendidikan kuliah di Inggris yaitu sebagai berikut :

  1. Sertifikat Bahasa Inggris

Syarat utama yang harus kamu persiapkan jauh-jauh hari sebelum mendaftar kuliah di Inggris adalah memiliki sertifikat IELTS. Sertifikat IELTS ini didapatkan dengan mengikuti tes bahasa Inggris pada lembaga bahasa Inggris. Sertifikat ini digunakan untuk mendaftar program S1 di Inggris. Ada skor minimum yang harus anda dapatkan untuk IELTS yaitu untuk program sarjana adalah 5.5 hingga 6.0.

  1. Personal Statement

Personal statement ini penting untuk menggambarkan diri kamu atau memberi kesan yang baik terhadap diri kamu. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis personal statement adalah minimal 1000 karakter maksimal 4000 karakter termasuk spasi, alasan kamu memilih universitas dan fakultas tersebut dan sertakan juga pengalaman organisasi atau perlombaan yang pernah kamu ikuti.

  1. Dokumen yang Diperlukan

Ada beberapa macam dokumen yang kamu harus persiapkan sebelum berkuliah ke Inggris, yakni:

  1. Ijazah SMA (kalau mau berkuliah S1)
  2. Dokumen yang dikirimkan Universitas pilihan kamu di Inggris kepada kamu misalnya adalah booklet orientasi, letter of acceptance, SKCK yang masih berlaku, foto, dan lain sebagainya.

Jurusan Favorit Kuliah di Inggris

Program studi favorit bagi mahasiswa internasional adalah hukum, finance, fashion design, medicine and dentistry, marine biology dan computer science.

Daftar Perguruan Tinggi Terbaik di Inggris

  1. University of Oxford

Siapa sih yang ga kenal universitas satu ini. University of Oxford merupakan salah satu universitas tertua di Inggris yang sangat bergengsi dan telah banyak mencetak lulusan yang terkenal, salah satunya adalah Stephen Hawking.

Yg istimewa dari University of Oxford ini adalah adanya program gelar sarjana yang merupakan gabungan antara dua bidang misalnya Filsafat, Ekonomi dan juga Politik. Fasilitas di University of Oxford ini sangat lengkap, bahkan University of Oxford ini memiliki 100 perpustakaan loh!. Tidak hanya itu saja, universitas ini juga memiliki banyak museum, salah satunya bernama Museum of The History.

  1. Imperial College London

Imperial College London selama bertahun-tahun  selalu saja menjadi salah satu universitas terbaik di Inggris. Imperial College London selalu menempati peringkat terbaik di dunia dalam bidang sains, teknik, teknologi, kedokteran serta bisnis.

  1. University of Cambridge

University of Cambridge merupakan salah satu universitas tertua di Inggris dan paling bergengsi di dunia. University of Cambridge telah berdiri dari abad ke 13. Ada beberapa fakultas dari University of Cambridge yaitu Fakultas Biologi, Kedokteran Hewan, Ilmu Bumi & Geografi, Matematika, Fisika & Kimia, Biokimia Klinis, Fakultas Saraf Klinis, Ilmu Saraf, Hematologi, Genetika Kedokteran, Obat, Kebidanan & Ginekologi, Onkologi, Pediatri, Psikiatri, Kesehatan masyarakat & Perawatan utama, Radiologi, Operasi, Teknik, Bisnis & Pengelolaan, Ilmu Komputer & Teknologi, Arsitektur dan Sejarah Seni, Asia dan Studi Timur Tengah, Classics,  Divinity, Bahasa Inggris, modern dan abad Bahasa, Musik, Filsafat, Manusia, Ilmu Sosial dan Politik (Hsp), Ekonomi, Pendidikan,  Fakultas Sejarah, Sejarah dan Ilmu Filsafat dan Fakultas Hukum

  1. UCL

University College London atau biasa disebut UCL adalah universitas yang sudah berdiri sejak 1826 dan menjadi universitas pertama di Inggris yang tidak membeda-bedakan kelas, ras serta agama. Universitas ini sangat menjunjung tinggi kesetaraan antara perempuan serta laki-laki.

Yang menakjubkannya lagi, hampir setengah mahasiswa UCL adalah mahasiswa internasional yang berasal dari luar Inggris, rata-rata dari Eropa dan Asia. Beberapa tokoh terkenal yang merupakan alumni UCL adalah Alexander Graham Bell dan Mahatma Gandhi.

Beberapa fakultas di UCL adalah Seni dan Humaniora, sains otak, teknik lingkungan, teknik sains, hukum, sains terapan, sains matematika dan fisika, medis, sains kesehatan masyarakat, sains sosial dan sejarah dan pendidikan.

  1. London School of Economics and Political Science

Tau ga kalau London School of Economics and Political Science atau biasa disebut LSE merupakan universitas di Inggris yang paling banyak memiliki mahasiswa internasional, kurang lebih 70%. Kalau kamu berminat mengambil jurusan hukum, ekonomi, politik, filsafat atau pun sejarah maka LSE ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena LSE sangat unggul dalam jurusan-jurusan tersebut. LSE pernah mendapatkan penghargaan nobel dalam bidang ekonomi.

  1. University of Edinburgh

University of Edinburgh sudah berdiri sejak tahun 1583, yang namanya diambil dari nama kota di Skotlandia, Inggris. Banyak sekali orang-orang terkenal yang merupakan alumni universitas ini yaitu Charles Darwin dan lain sebagainya. Universitas ini merupakan universitas terbaik di Eropa maupun di dunia dan dianggap sebagai universitas yang paling prestisius di dunia. Ada beberapa fakultas yang ada di universitas ini yakni Medicine and Veterinary Medicine, Arts, Humanities & Social Sciences dan Science and Engineering.

  1. King’s College London

King’s College London adalah universitas berbasis penelitian yang didirikan tahun 1829. King’s College London ini termasuk ke dalam kategori universitas tertua di Inggris. Ada beberapa fakultas di King’s College London ini yakni keperawatan, ilmu sosial, kebijakan publik serta psikologi, seni dan humaniora, oral & kraniofasial, kebidanan & paliatif, kedokteran gigi, bisnis, ilmu alam dan matematika dan psikiatri.

  1. University of Manchester 

University of Manchester sudah berdiri sejak 1824. Berdasarkan data dari Times Higher Education World University Ranking, University of Manchester termasuk ke peringkat 55 di dunia loh. Kamu berminat masuk ke universitas ini? Ada macam-macam fakuktas loh yaitu Fakultas Sains, Faculty of Humanities, Faculty of Medical and Human Sciences, dan Faculty of Engineering and Physical Sciences.

Gimana? Tertarik kuliah di Inggris? Persiapkan dirimu sematang mungkin supaya impian kamu berkuliah Inggris dapat terwujud.

Keyword : Daftar Perguruan Tinggi di Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *