Ini Jurusan Favorit di Perguruan Tinggi di Jepang!

Author:

Jurusan Favorit di Perguruan Tinggi di Jepang – Siapa disini yang pernah berlibur ke Jepang? Jepang tidak pernah sepi wisatawan. Apalagi ketika musim liburan tiba, kota Jepang menjadi destinasi favorit turis dari mancanegara untuk berlibur. Kota Jepang menawarkan pemandangan dan tempat wisata yang sangat menarik. Apalagi ketika musim semi tiba, bunga sakura bermekaran sepanjangan jalan membuat Jepang semakin menarik untuk dikunjungi.

Tidak saja sebagai pilihan destinasi wisata, kota Jepang kerap kali dijadikan pilihan para pelajar untuk melanjutkan pendidikan S1 maupun S2. Berkuliah di Jepang menjadi pengalaman yang sangat luar biasa bagi pelajar dari mancanegara terutama untuk yang menyukai pelajar terkait teknologi, ilmu pengetahuan, keuangan maupun desain industri. Sebagaimana kita ketahui bersama, kota Jepang sangat terkenal dengan kemajuan teknologinya.

Kalau kamu tertarik berkuliah di Jepang tapi belum menentukan pilihan jurusan apa yang akan diambil nantinya atau masih ragu dengan pilihan jurusan yang telah kamu pilih maka kamu wajib nyimak informasi berikut nih.

Jurusan Favorit di Perguruan Tinggi Jepang

Mengetahui jurusan favorit di perguruan tinggi di Jepang ini sangat bermanfaat karena bisa dijadikan referensi untuk pilihan jurusan kamu saat mendaftar ke universitas impianmu di Jepang. Berikut adalah daftarnya

Bisnis dan Manajemen

Jurusan Bisnis dan Manajemen sangat raman peminat tidak hanya di Indonesia, di Jepang juga loh!. Semua perusahaan dan semua industri pasti butuh lulusan Bisnis dan Manajemen untuk mengisi posisi tertentu di perusahaannya. Apalagi sekarang ini arus globalisasi dan teknologi berkembang sangat pesat sehingga kemampuan dalam berbisnis sangat diperlukan. Di Jepang banyak kok Universitas yang memiliki jurusan Bisnis dan Manajemen diantaranya adalah Nagoya University, Kwansei Gakuin University, Hitotsubashi University, Kyoto University, Waseda Business School, Waseda University dan lain sebagainya.

Animasi

Industri animasi erat kaitannya dengan Jepang. Banyak sekali animasi-animasi Jepang yang mendunia misalnya adalah Doraemon, Naruto, Detective Conan dan lain sebagainya. Tak heran jika di Jepang, jurusan animasi ini sangat diminati mahasiswa Jepang dan juga mahasiswa internasional. Orang dengan latar belakang pendidikan Animasi sangat dibutuhkan di Jepang. Banyak sekali Universitas di Jepang yang memiliki jurusan Animasi ini yaitu Yokohama University of Art and Design, Kyoto Seika University, Japan Animation and Manga College dan lain sebagainya.

Teknik Informatika (IT)

Selain Bisnis dan Manajemen serta Animasi, jurusan terfavorit di perguruan tinggi di Jepang adalah Teknik Informatika atau IT. Negara Jepang itu kan terkenal banget dengan kemajuan teknologinya yang sangat terdepan, jadi lulusan Teknik Informatika dari Universitas di Jepang pasti akan sangat dibutuhkan tidak hanya oleh Negara Jepang tapi juga negara-negara lain tak terkecuali Indonesia. Beberapa universitas di Jepang yang memiliki jurusan Teknik Informatika (IT) adalah Universitas Fukuoka, Universitas Hosei, Universitas Chukyo dan lain sebagainya.

Game Creator

Kamu suka hal-hal berbau game? Di Jepang ada jurusan Game Creator dimana jurusan ini sangat favorit di Jepang. Banyak sekali universitas di Jepang yang membuka jurusan Game Creator ini seperti Animation Collage, Tokyo Design, Universitas Kyoto Seika dan lain-lain. 

Kamu ga perlu ragu dengan kualitas jurusan ini karena Jepang sudah sangat terkenal dengan industri kreatif dan teknologinya yang sangat maju sehingga banyak sekali peluang kerja yang dapat kamu dapatkan apabila kamu mengambil jurusan ini.

Pariwisata

Seperti yang kita ketahui bersama, Jepang selalu menjadi destinasi favorit bagi wisatawan untuk menghabiskan waktu berliburnya. Oleh sebab itu pariwisata di Jepang sangat maju. Hal ini berpengaruh terhadap minat mahasiswa terhadap jurusan Pariwisata di Perguruan Tinggi di Jepang. Jurusan Pariwisata menjadi favorit di Jepang tidak hanya bagi mahasiswa lokal melainkan juga mahasiswa internasional.

Mahasiswa internasional di Jepang yang mengambil jurusan Pariwisata ini banyak sekali yang akhirnya berkarir di Jepang karena Jepang sangat membutuhkan lulusan pariwisata untuk sektor pariwisatanya.

Bagaimana? Apakah di antara jurusan-jurusan terfavorit di Jepang yang disebutkan di atas ada yang sesuai dengan minat kamu?

Tips-Tips Memilih Jurusan Kuliah di Jepang

Setelah mengetahui apa saja jurusan favorit di Perguruan Tinggi di Jepang, kamu juga ga boleh skip nih informasi berikut mengenai tips-tips memilih jurusan kuliah di Jepang.

Keberadaan Pilihan

Jangan buru-buru untuk menentukan pilihan jurusan mana yang akan kamu pilih untuk berkuliah di universitas di Jepang. Dalam memilih jurusan, kamu harus tau dulu pilihan-pilihan jurusan yang ada. Sebaiknya, buat survei sederhana dengan membandingkan keunggulan dan kelemahan jurusan-jurusan tertentu di Universitas di Jepang supaya kamu bisa menemukan pilihan jurusan yang tepat sesuai dengan minat kamu.

Impian di Masa Depan

Setiap orang pasti memiliki impian di masa depan. Misalnya kalau kamu mau jadi Dokter Hewan maka kamu harus mengambil Jurusan Dokter Hewan. Kalau kamu mau jadi pebisnis maka kamu harus ambil jurusan Bisnis dan Manajemen atau kalau di masa yang akan datang kamu mau bekerja sebagai animator maka kamu harus mengambil jurusan animasi. Pertimbangan impian di masa depan ini bisa kamu jadikan referensi kamu dalam menentukan jurusan kuliah yang akan kamu ambil.

Minat/Kepribadian Diri

Kalau kamu menjalani sesuatu yang kamu minati pasti akan kamu jalani dengan enjoy. Begitu juga dengan memilih jurusan kuliah. Apabila kamu memilih jurusan kuliah yang sesuai minat atau kepribadian diri kamu maka kamu akan menjalani perkuliahan tersebut dengan enjoy. Sebagai contoh, kalau kamu minatnya lebih ke matematika maka kamu bisa mengambil jurusan matematika hingga ekonomi, kalau kamu berminat ke hal-hal yang berhubungan dengan mental/psikologi seseorang berarti kamu cocok di jurusan psikolog dan lain-lain.

Hobi (hobby) yang dimiliki

Setiap orang pasti memiliki hobinya masing-masing oleh karena itu dalam memilih jurusan kuliah, hobi bisa kamu jadikan pertimbangan. Misalnya kamu suka hal-hal yang berkaitan dengan biologi atau kesehatan kamu cocok mengambil jurusan kedokteran atau kamu suka berbisnis dan hal-hal berkaitan dengan bisnis berarti kamu cocok mengambil jurusan bisnis dan manajemen.

Faktor biaya kuliah juga patut dijadikan bahan pertimbangan kamu dalam memilih jurusan perkuliahan di Jepang. Untuk berkuliah di Jepang, kamu pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain biaya spp kuliah kamu juga pasti butuh biaya untuk kehidupan sehari-hari selama berkuliah di Jepang. Jangan sampai kamu memilih jurusan kuliah yang biaya kuliahnya tidak sanggup kamu bayar.

Biaya Kuliah

Jika kamu tidak memiliki biaya yang cukup tapi tetap mau berkuliah di Jepang, kamu bisa mengikuti program beasiswa yang banyak ditawarkan oleh pemerintah Indonesia maupun pemerintah Jepang.

Prospek Kerja

Prospek kerja dari jurusan tersebut juga bisa kamu jadikan pertimbangan dalam memilih jurusan. Kamu harus cari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai prospek kerja dari suatu jurusan. Misalnya jurusan game creator, prospek kerjanya sangat bagus terutama di Jepang karena perusahaan-perusahaan game banyak membutuhkan lulusan game creator. Gaji sebagai game creator juga sangat menjanjikan dan kamu juga menyukai hal-hal berbau game.

Demikianlah informasi terkait jurusan favorit di perguruan tinggi di Jepang dan tips-tips dalam memilih jurusan perkuliahan. Semoga informasi di atas dapat membantu kamu dalam memilih jurusan perkuliahan di Jepang.

Keyword: Jurusan Favorit di Perguruan Tinggi di Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *