Daftar Kampus Paling Diminati di Sumatera

Author:

Persaingan kerja di jaman ini begitu ketat. Oleh karena itu, Anda harus bersiap untuk menghadapinya. Salah satunya dengan mencari daftar kampus paling diminati di Pulau Sumatera. Kampus yang sekiranya akan menjadi portofolio Anda nantinya.

Pendidikan merupakan instrumen penting yang akan menjadi penilaian manakala Anda melamar kerja. Maka dari itu, capailah prestasi pendidikan sebanyak-banyaknya. Termasuk berkuliah di kampus yang memang populer. Utamanya yang ada di Pulau Sumatera Indonesia.

Apa Kriteria Kampus Terbaik di Pulau Sumatera?

Terdapat beberapa kriteria kampus yang berkualitas sehingga layak dimasukkan ke dalam daftar kampus paling diminati di Pulau Sumatera. Kriteria yang pertama ialah kampus tersebut harus menyandang status akreditasi A atau minimal B Gemuk.

Perguruan tinggi atau kampus merupakan wahana mahasiswa untuk menuntut ilmu dan mengembangkan dirinya. Maka dari itu, pihak kampus harus menyediakan fasilitas yang sangat lengkap yang bisa menjadi penunjang perkuliahan supaya lebih optimal. Sedangkan kriteria kampus di Sumatera yang berkualitas berikutnya adalah kampus yang di dalamnya dipenuhi dosen-dosen yang profesional. Mereka yang tidak hanya pintar secara dialektika keilmuan tetapi juga memiliki idealisme yang murni. Tenaga pengajar semacam inilah yang akan menjadi penyemangat mahasiswa untuk bisa belajar dengan baik.

Adakah Hubungan Status Kampus dengan Portofolio Kerja?

Pastinya terdapat hubungan yang erat antara status kampus dengan portofolio kerja seorang fresh graduated. Dan ini bisa dilihat dari kecenderungan si penerima kerja yang pastinya melihat dokumen yang terkait pendidikan terlebih dahulu sebelum mengecek dokumen yang lain. Mungkin mereka menilai sarjana lulusan kampus yang termasuk ke dalam daftar kampus paling diminati di Pulau Sumatera lebih memiliki integritas dibandingkan yang lain.

Di dalam pandangan umum, perguruan tinggi diminati karena keberhasilannya melahirkan kualitas output di atas rata-rata. Sehingga para orang tua pun tertarik untuk memasukkan putra dan putrinya ke lembaga tersebut. Sekalipun jarak rumahnya ke kampus begitu jauh. Sedangkan hubungan yang terakhir terkait dengan etos kerja. Yang mana lazimnya, sarjana dari perguruan tinggi terbaik biasanya juga memiliki etos kerja yang baik. Alhasil banyak perusahaan yang melirik alumni kampus tersebut untuk dijadikan karyawan. Oleh karena itu, Anda tetap tidak boleh memilih perguruan tinggi di Sumatera secara asal-asalan.

Daftar Kampus Paling Diminati di Pulau Sumatera

Setelah Anda membaca narasi di atas, tentunya Anda ingin bertanya kampus apa saja yang termasuk ke dalam daftar kampus paling diminati di Pulau Sumatera. Nah, jawaban atas pertanyaan tersebut ada di bawah ini. Jadi silakan dibaca ini dia ulasannya:

1. Universitas Syiah Kuala

Daftar kampus paling diminati di Pulau Sumatera yang pertama adalah Universitas Syiah Kuala. Menurut informasi yang beredar perguruan tinggi ini sudah mendapatkan akreditasi A yang dirilis secara legal oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi yang disingkat BANPT.

Sampai detik ini Universitas Syiah Kuala masih konsisten dalam melahirkan sarjana-sarjana muda yang berkualitas. Bahkan kampus ini berhasil menggondol prestasi sebagai juara tiga kampus paling terbaik di seluruh Sumatera dan menempati urutan ke-23 untuk nasional. Tentunya ini merupakan testimoni kalau Universitas Syiah Kuala memang bermutu tinggi.

2. Universitas Andalas

Salah satu perguruan tinggi nomor satu di Pulau Sumatera adalah Universitas Andalas. Sedangkan untuk skala nasional kampus ini berhasil menempati posisi 15 teratas. Ini menandakan kalau Universitas Andalas benar-benar top dan layak untuk diminati oleh calon mahasiswa.

Universitas Andalas sendiri merupakan perguruan tinggi yang terbilang tradisional di Bumi Sumatera. Pasalnya, kampus ini telah ada sejak tahun 1955 tepatnya berdiri pada tanggal 23 Desember 1955. Sedangkan saat ini, universitas telah menjadi lembaga pendidikan tinggi modern dengan fasilitas perkuliahan yang cukup canggih.

3. Universitas Sriwijaya

Daftar kampus paling diminati di Pulau Sumatera yang berikutnya adalah Universitas Sriwijaya. Sekalipun tidak se-top Universitas Andalas, kampus ini tetap menjadi perbincangan hangat. Salah satu alasannya karena telah menjadi perguruan tinggi terluas di Asia Tenggara dengan lebar tanah mencapai 700 hektar lebih.

Sekarang ini Universitas Sriwijaya Padang Sumatera telah menjadi kampus yang cukup megah dengan 10 fakultas yang siap dimasuki. Sedangkan dosen yang ada di dalamnya telah tersertifikasi sebagai pendidik mahasiswa yang berkualitas dan profesional. Maka dari itu, Anda harus berkuliah di kampus ini.  

4. Universitas Sumatera Utara (USU)

Hampir bisa dipastikan masyarakat akan memilih USU atau Universitas Sumatera Utara sebagai kampus terbaik di Bumi Andalas. Lain daripada itu, ternyata kampus ini juga terbilang tertua karena dibangun pada tahun 1952 sekalipun di waktu itu masih berstatus perguruan tinggi swasta.

Baru pada tahun 1957 atau 5 tahun kemudian Universitas Sumatera Utara mengalami peralihan menjadi perguruan tinggi negeri. Sejak saat itulah, kampus ini terus berkembang dengan pesat hingga membuka puluhan fakultas yang menarik. Termasuk ada fakultas Ilmu Politik dan Humaniora. Nah, jika Anda memang berminat untuk kuliah maka mendaftar saja di kampus ini dan dijamin tidak akan kecewa.

5. Universitas Negeri Padang

Daftar kampus paling diminati di Pulau Sumatera yang terakhir adalah Universitas Negeri Padang yang disingkat UNP. Sebuah perguruan tinggi yang pada tahun pertama pendiriannya (1954) hingga tahun 1999 masih bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Padang.

Kini Universitas Negeri Padang sudah maju hingga berhasil menempati urutan ke-27 terbaik skala nasional. Sayangnya, kampus yang cukup keren dengan pemandangan indah ini masih membuka satu program pasca sarjana saja. Sekalipun demikian, Anda masih tetap layak untuk menimba ilmu di tempat ini.

Syarat Menjadi Mahasiswa Terbaik di Kampus-Kampus yang Ada di Sumatera

Apapun nama kampusnya termasuk yang ada di dalam daftar kampus paling diminati di Pulau Sumatera sekalipun, tetapi Anda kurang memiliki greget dalam belajar, hasilnya juga tidak akan maksimal. Akhirnya nilai IPK Anda pun akan rendah bahkan berada di bawah standar yang diharapkan perusahaan.

Lebih jauh dari itu, Anda harus bisa meluangkan waktu antara berkuliah dan berkomunitas baik internal maupun eksternal kampus. Karena ini merupakan kesempatan Anda untuk mengembangkan diri minimal memahami tata cara untuk berorganisasi.

Sedangkan kiat yang terakhir ialah rajinlah berdiskusi dengan dosen maupun dengan teman-teman mahasiswa. Silakan lemparkan materi perkuliahan ke dalam suasana perdebatan dialektik yang mencerahkan. Alhasil wawasan Anda akan semakin luas dan kemampuan analisis juga akan semakin tajam.

Kesimpulannya ialah Pulau Sumatera tidak kekurangan perguruan tinggi yang bermutu. Sedangkan daftar di atas hanya sebagian kecil saja karena sejatinya masih banyak lembaga pendidikan tinggi lain yang tidak kalah hebat.

Untuk itu, kalau Anda memang ingin berkuliah maka lihat dulu daftar kampus paling diminati di Pulau Sumatera di atas. Setelah itu, pilihlah salah satu yang menurut Anda memang layak untuk dimasuki. Selanjutnya, pantaskan diri Anda di sana untuk menjadi mahasiswa yang baik dan ulet dalam belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *