Kampus Paling Favorit di Jawa Tengah

Author:

Ada banyak perguruan tinggi terkemuka di Jateng yang termasuk ke dalam daftar kampus paling diminati di Jawa Tengah. Dan sebagian besar dari lembaga tersebut dilengkapi dengan fasilitas mutakhir dengan ruang pembelajaran yang nyaman.

Jawa Tengah memang layak disebut provinsi “gudang-nya perguruan tinggi bonafid”. Pasalnya, di provinsi ini terdapat puluhan kampus yang tidak hanya mewah tetapi juga didesain dengan nyaman dan asri. Nah, sebagian dari kampus tersebut akan dijelaskan di artikel ini.

Kampus di Jawa Tengah Banyak yang Ber-akreditasi A

Perlu Anda ketahui kalau semua kampus yang termasuk ke dalam daftar kampus paling diminati di Jawa Tengah sudah ber-akreditasi A. Hal ini menandakan kalau lembaga pendidikan tinggi ini memang layak untuk dimasuki oleh Anda para calon mahasiswa.

Kampus di Jawa Tengah yang sudah terakreditasi A berarti lembaga tersebut sudah diuji dan dinilai oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT). Dan assessor tidak mungkin menilai secara serampangan melainkan memang disesuaikan dengan estimasi penilaian yang ada.

Sedangkan akreditasi A merupakan nilai tertinggi yang diberikan assessor kepada perguruan tinggi tersebut. Dan nantinya ini akan menjadi testimoni kualitas dari lembaga yang bersangkutan. Nah, bagi Anda yang ingin kuliah, maka jangan ragu segera cari kampus semacam ini yang banyak di Jawa Tengah.  

Mengapa Harus Memilih Kampus di Jateng yang Ber-akreditasi A?

Sejatinya ada tiga alasan mengapa Anda harus memilih daftar kampus paling diminati di Jawa Tengah yang ber-akreditasi A. Alasan yang pertama, karena lembaga pendidikan semacam ini pasti memiliki fasilitas perkuliahan yang lengkap.

Kurikulum di kampus Jawa Tengah ber-akreditasi A juga dijalankan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Termasuk telah memasukkan mata kuliah profesi dan bakat yang bisa dijadikan sebagai bekal sarjana ketika sudah terjun ke dunia kerja.

Sedangkan alasan yang ketiga karena kampus semacam ini pasti dikelola dengan manajemen yang baik. Pola perekrutan tenaga dosen pun tidak asal-asalan melainkan yang memang kompetitif di bidang ilmu tertentu (spesialis). Tiga alasan inilah yang menjadikan kampus ber-akreditasi A di Jawa Tengah tidak pernah sepi dari calon mahasiswa baru.

Daftar Kampus Paling Diminati di Jawa Tengah

Terdapat beberapa kampus di Jateng yang Anda sangat layak untuk berkuliah di sana. Semua lembaga tersebut termasuk ke dalam daftar kampus paling diminati di Jawa Tengah yang hingga saat ini tidak pernah sepi dari calon mahasiswa. Ini dia nama-nama kampus tersebut:

1. Universitas Diponegoro

Daftar kampus paling diminati di Jawa Tengah yang pertama adalah Universitas Diponegoro yang disingkat Undip. Ini merupakan kampus negeri yang sudah mendapatkan sertifikasi internasional untuk beberapa jurusan seperti Ekonomi Pembangunan dan Teknik Mesin. Sedangkan secara nasional, kampus ini menempati urutan ke 8.

Kalau Anda sarjana dari Universitas Diponegoro, maka pastinya portofolio pendidikan akan cukup bagus. Apalagi kalau nilai IPK-nya begitu tinggi. Kalau sudah demikian maka Anda akan mudah untuk masuk ke dunia kerja baik sebagai PNS maupun sebagai karyawan perusahaan.

2. Universitas Negeri Semarang

Daftar kampus paling diminati di Jawa Tengah yang berikutnya adalah Universitas Negeri Semarang yang disingkat Unnes. Ini merupakan perguruan tinggi terkemuka di Jateng yang tidak pernah sepi dari calon mahasiswa baru di setiap tahunnya.

Luar biasanya lagi, banyak program studi (prodi) Universitas Negeri Semarang yang bertaraf internasional. Menurut informasi yang beredar kurang lebih 4 program sudah mendapatkan lisensi high class yang salah satunya prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI). Jadi bagi Anda yang ingin memperdalam terkait ilmu sastra maka kuliah saja di kampus ini.

3. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Kalau ada kampus yang paling populer di Jawa Tengah pasti salah satunya adalah Universitas Sebelas Maret yang disingkat UNS. Ini merupakan perguruan tinggi yang sangat layak dimasuki karena di dalamnya terdapat aneka program menarik bagi mahasiswa yang salah satunya beasiswa.

Selain itu, Universitas Sebelas Maret (UNS) juga memiliki beragam program studi yang bagus. Salah satu diantaranya adalah prodi S1 Biologi yang disematkan pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang disingkat FMIPA. Kabarnya program studi ini sudah mendapatkan lisensi ASEAN University Network Quality Assurance atau AUN-QA.

4. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Daftar kampus paling diminati di Jawa Tengah yang berikutnya adalah Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sebuah perguruan tinggi berbasis keagamaan utamanya agama Islam yang cukup populer dengan jumlah mahasiswa pertahun mencapai ribuan orang.

Sekalipun demikian, Universitas Muhammadiyah Surakarta bukan untuk kalangan Muhammadiyah saja. Melainkan siapapun bisa berkuliah di sana sekalipun berasal dari organisasi Islam yang berbeda. Menariknya, tidak sedikit mahasiswa dari mancanegara juga ikut menimba ilmu di lembaga ini.

5. Universitas Islam Negeri Wali Songo

Salah satu kampus berbasis agama Islam terbaik yang ada di Jawa Tengah adalah Universitas Islam Negeri Wali Songo. Sedangkan di tingkat nasional UIN ini tidak kalah dengan kampus-kampus Islam lain seperti UIN Sunan Ampel di Surabaya maupun dengan UIN Sunan Kalijaga yang ada di Yogyakarta.

UIN Wali Songo sendiri sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Tentunya lisensi ini menjadi bukti kalau lembaga tersebut memang berkualitas tinggi. Maka dari itu, jangan ragu silakan daftarkan putra-putri Anda yang baru lulus Sekolah Menengah Atas  ke kampus ini. 

Lulusan Sarjana Mudah Mencari Kerja di Jateng, Benarkah?

Nah, jika Anda lulusan daftar kampus paling diminati di Jawa Tengah di atas seharusnya mudah mencari lowongan kerja di Jawa Tengah. Karena dari segi portofolio pendidikan saja, Anda sudah memenuhi syarat untuk itu. Yang pertama kampusnya bonafide dan lengkap.

Selain itu lulusan terbaiknya pasti memiliki nilai IPK jauh di atas rata-rata. Ini juga menjadi portofolio karena menandakan Anda merupakan sosok yang cakrawala keilmuannya begitu luas serta cerdas.

Sedangkan alasan yang ketiga ialah Anda akan dianggap memiliki etos kerja yang baik. Karena sungguh tidak gampang untuk berkuliah di kampus mentereng di atas kecuali mereka yang ulet belajar serta memiliki disiplin yang tinggi. Maka dari itu, sekali Anda berkuliah di Jawa Tengah, maka belajarlah dengan penuh semangat.

Kalau Anda ingin berkuliah di kampus yang ternama di Jawa Tengah, maka pilih salah satu dari kampus yang namanya ada di atas. Karena semua lembaga tersebut terbilang populer serta sudah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BNPT).

Jadi, tunggu apalagi silakan daftarkan diri Anda di salah satu kampus yang termasuk ke dalam daftar kampus paling diminati di Jawa Tengah. Lalu rasakan suasana belajar yang nyaman tetapi tetap dalam fokus yang tinggi. Setelah itu, terjunlah ke dunia kerja yang sesuai dengan bakat, minat dan spesialisasi keilmuan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *