Lulusan Hukum? Baca Yuk Prospek Jurusan Hukum!

Author:

Prospek Jurusan Hukum – Memilih jurusan perkuliahan emang susah-susah gampang. Kita harus mempertimbangkan matang-matang jurusan perkuliahan yang akan kita ambil. Jangan sampai jurusan yang kamu ambil tidak sesuai dengan minatmu hanya karena kamu ikut-ikutan teman atau asal pilih jurusan tanpa tau informasi lengkap mengenai jurusan tersebut. Sebenarnya, jurusan perkuliahan harus ditentukan jauh-jauh hari sebelum kalian lulus SMA. Banyak sekali informasi terkait jurusan kuliah yang bisa kalian cari tau sendiri di google.

Salah satu bahan pertimbangan dalam memilih jurusan perkuliahan adalah prospek kerjanya. Nah, di artikel ini akan fokus membahas mengenai prospek kerja salah satu jurusan perkuliahan yang sangat diminati di Indonesia yaitu jurusan hukum. Kalau kamu mau tau informasi seputar jurusan hukum dan proses jurusan hukum, simak ya informasi berikut ini.

Informasi Seputar Jurusan Hukum

Deskripsi

Apa sih jurusan hukum itu? Bakal belajar apa aja sih kalau ambil jurusan hukum? Pasti pertanyaan ini ada di benak kalian. Jadi, jurusan hukum adalah studi yang mempelajari tentang berbagai sistem hukum yang berkaitan dengan kehidupan dalam bermasyarakat, tidak hanya sistem hukum yang berlaku di Indonesia saja tapi sistem hukum yang berlaku di negara lainnya juga, walaupun pasti lebih banyak mempelajari sistem hukum di negara sendiri. Kalau kamu ingin mengambil jurusan hukum maka nanti kamu akan mempelajari seputar hukum perdata, hukum pidana, hukum lingkungan dan tata ruang, hukum ekonomi, hukum internasional, hukum dan teknologi, hukum administrasi negara, hukum tata negara, hukum acara serta hukum dan perkembangan masyarakat.

Mahasiswa yang mengambil jurusan hukum diharapkan dapat menguasai dengan baik bagaimana sistem hukum yang berlaku di Indonesia, bagaimana penerapan sistem hukum dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia, bagaimana permasalahan hukum di Indonesia serta cara menyelesaikannya dan lain sebagainya.

Pengetahuan dan Keahlian yang Dibutuhkan

Kalau kamu berencana mau mengambil jurusan hukum saat berkuliah nanti, pastikan kamu memiliki pengetahuan dan keahlian berikut ini:

  1. Kemampuan menghafal

Sebagian besar materi perkuliahan jurusan hukum adalah berupa teori dimana teori tersebut harus dihafal. Selain itu, kamu juga dituntut untuk bisa menghafal berbagai macam undang-undang beserta pasal-pasalnya. Hanya sebagian kecil saja materi perkuliahan hukum yang berupa hitungan misalnya adalah hukum pajak.

  1. Kemampuan berpikir secara logis

Selain harus dapat berpikir kritis, kamu juga harus bisa berpikir logis dan berpegangan pada asas sebab akibat apabila berminat mengambil jurusan hukum.

  1. Kemampuan berpikir secara kritis

Kalau berminat mengambil jurusan hukum maka kamu wajib memiliki kemampuan berpikir secara kritis. Saat berkuliah di jurusan hukum nanti kamu akan menghadapi berbagai macam kasus yang harus dianalisis dan itu membutuhkan pemikiran yang kritis.

  1. Kemampuan menganalisis

Saat berkuliah jurusan hukum nanti, kamu akan sering mendapatkan tugas mengenai analisis kasus atau analisis peraturan perundang-undangan dan lain sebagainya dimana butuh kemampuan analisis yang bagus.

  1. Kemampuan mengutarakan pendapat secara lugas

Kalau kamu berminat mengambil jurusan hukum maka kamu harus memiliki kemampuan mengutarakan pendapat secara lugas dalam artian pendapat hukum yang kalian utarakan harus meyakinkan sehingga tidak timbul suatu keraguan.

  1. Kemampuan menyelesaikan masalah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saat berkuliah hukum nanti, kamu akan sering menghadapi analisis kasus-kasus atau permasalahan hukum dimana kamu harus mampu menganalisis atau menyelesaikan kasus atau masalah tersebut dengan baik.

  1. Komunikatif

Berkuliah jurusan hukum dituntut untuk berkomunikasi dengan banyak orang pada saat menyampaikan suatu informasi maupun mengutarakan pendapat terkait permasalahan hukum, sistem hukum dan lain sebagainya.

Kalau kamu tidak memiliki pengetahuan dan keahlian di atas maka tidak disarankan untuk mengambil jurusan hukum karena saat berkuliah nanti kamu akan sangat membutuhkan pengetahuan dan keahlian tersebut.

Keuntungan Mengambil Jurusan Hukum

Ada beberapa keuntungan-keuntungan yang akan kamu dapatkan apabila kamu mengambil jurusan hukum yaitu sebagai berikut ini:

  1. Mengetahui Peraturan Hukum dan Perkembangan Hukum di Indonesia

Berkuliah jurusan hukum berarti kamu akan mengetahui berbagai macam peraturan hukum di Indonesia serta bagaimana perkembangan hukum di Indonesia karena materi perkuliahan hukum akan membahas seputar itu.

  1. Wawasan dan Pengetahuan Menjadi Luas

Kalau kamu berencana kuliah jurusan hukum maka kamu perlu sering membaca buku-buku hukum atau berita-berita hukum terkini. Kalau tidak, maka kamu tidak dapat mengikuti perkuliahan hukum dengan baik karena saat menganalisis kasus atau masalah hukum kamu pasti butuh wawasan dan pengetahuan yang luas untuk menguatkan analisis hukum yang kamu lakukan.

  1. Mengasah Skill Public Speaking dan Negosiasi

Saat mengikuti perkuliahan hukum, kemampuan skill public speaking dan negosiasi kamu akan semakin terasah. Hal ini disebabkan karena kamu akan diwajibkan untuk mengutarakan pendapat kamu mengenai suatu permasalahan hukum atau mengenai sistem hukum. Tidak hanya itu aja, banyak perlombaan hukum yang dapat kamu ikuti untuk mengasah kemampuan public speaking dan negosiasi seperti lomba debat, kompetisi contract drafting dan lain sebagainya.

  1. Pendidikan Karakter dan Etika yang Baik

Ketika berkuliah hukum nanti kamu akan mendapatkan materi perkuliahan etika profesi hukum. Dengan mempelajari etika profesi hukum maka kamu diharapkan dapat menjadi penegak hukum yang adil. Selain itu kamu juga akan dilatih menjadi pribadi yang tegas, pemberani serta komunikatif.

  1. Prospek Kerja Luas

Prospek kerja untuk lulusan hukum sangat luas karena setiap industri pasti membutuhkan orang yang mengerti hukum agar apabila ada masalah hukum yang dialami industri tersebut maka bisa diselesaikan. Untuk informasi lebih lengkap mengenai proses kerja lulus hukum akan dibahas di bagian selanjutnya.

Prospek Jurusan Hukum

Prospek kerja jurusan hukum itu sangat luas dan sangat memungkinkan kamu bisa bekerja di segala macam industri. Berikut ini adalah daftar prospek kerja jurusan hukum :

  1. Pengacara

Pengacara adalah profesi favorit bagi orang-orang lulusan hukum. Pengacara adalah orang yang bertugas untuk memberi pembelaan hukum kepada clientnya. Profesi ini sangat menjanjikan apalagi kalau kamu memiliki kemampuan negosiasi yang sangat baik kamu bisa memiliki penghasilan yang sangat besar.

  1. Hakim

Profesi hakim merupakan profesi idaman bagi lulusan hukum. Namun untuk menjadi hakim itu tidak mudah karena hakim mengemban tanggung jawab yang teramat berat karena hakim bertugas untuk menentukan keadilan bagi terdakwa.

  1. Jaksa

Lulusan hukum bisa menjadi jaksa yaitu seseorang yang bertugas menuntut terdakwa dalam pengadilan.

  1. Notaris

Lulusan hukum bisa bekerja sebagai notaris dengan catatan kamu harus menempuh pendidikan notaris terlebih dahulu. Profesi sebagai notaris ini sangat menjanjikan karena pasti setiap orang membutuhkan jasa seorang notaris, entah itu untuk keperluan mengurus surat-surat kepemilikan tanah dan lain sebagainya.

  1. Staf Legal

Lulusan hukum sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengisi posisi staf legal. Seorang staf legal sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengurusi dokumen perusahaan,  surat perjanjian kerja, dokumen kerja sama, kontrak kerja dan lain sebagainya.

  1. Staf Kementerian

Kementerian dan BUMN membutuhkan lulusan hukum untuk mengisi posisi staf kementerian.

  1. Staf HRD

Beberapa perusahaan membutuhkan seseorang yang berlatar belakang pendidikan hukum untuk mengisi posisi staf HRD. 

  1. Dosen

Selain profesi-profesi di atas, kamu juga bisa juga menjadi seorang dosen hukum. Namun, untuk dapat menjadi dosen, minimal kamu memiliki latar belakang pendidikan S2.

Demikianlah informasi seputar jurusan hukum dan prospek jurusan hukum. Semoga informasi diatas bisa menjadi bahan pertimbangan kamu ya dalam memilih jurusan perkuliahan.

Keyword: Prospek Jurusan Hukum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *